TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Potret tentang Burung Kicuit Putih yang Bermigrasi ke Wilayah Tropis

Kicuit putih mengusir burung lain dari wilayahnya saat musim kawin

Kicuit putih (commons.m.wikimedia.org/Stephan Sprinz)

Balikpapan, IDN Times - Kicuit putih adalah burung pemakan serangga dengan penyebaran wilayah yang sangat luas. Terdapat beberapa subspesies dengan ukuran dan warna yang bervariasi. Burung ini memiliki panjang tubuh antara 16-19 cm dan berat sekitar 25 gram. Kicuit putih termasuk dalam famili Motacillidae dan dikenal dengan nama ilmiah Motacilla alba.

Yang menarik, saat mencari makan di tanah, kicuit putih menangkap mangsa dengan berlari dan terkadang melompat ke udara untuk meraih serangga yang terbang. Yuk, kenalan lebih dekat dengan kicuit putih melalui fakta-fakta berikut ini!

1. Wilayah penyebaran kicuit putih

Kicuit putih berkembang biak di sepanjang Eurasia, tetapi tidak ditemukan di wilayah Arktik. Selain itu, burung ini juga berkembang biak di pegunungan Maroko dan bagian barat Alaska. Meskipun kicuit putih hidup di wilayah yang lebih sejuk seperti Eropa Barat dan Mediterania, mereka bermigrasi ke berbagai wilayah lainnya selama periode migrasi.

Menurut Animalia, kicuit putih menempati berbagai habitat, tetapi tidak ditemukan di gurun. Mereka dapat ditemukan di padang rumput, pantai, garis pantai berbatu, pantai berpasir, sungai, tepi danau, lahan pertanian, kebun, dan bahkan taman. Kicuit putih juga bisa kamu temui di area perkotaan maupun pedesaan.

2. Kicuit putih adalah karnivora

Kicuit putih adalah burung karnivora yang terutama memakan serangga. Mereka memangsa berbagai jenis serangga darat dan air, serta invertebrata kecil lainnya.

Diet mereka mencakup kumbang, capung, siput kecil, laba-laba, cacing, krustasea, dan bahkan lalat.

3. Kicuit putih bermigrasi

Kicuit putih itu bemigrasi, mereka yang berkembang biak di bagian utara Eropa menghabiskan musim dinginnya di sekitar Mediterania dan area tropis juga subtropis Afrika.

Sementara mereka yang berada di Asia cenderung berpindah ke Timur Tengah, India dan Asia Tenggara. Kicuit putih yang berkembang biak di Amerika Utara juga menghabiskan musim dingin di wilayah tropis Asia.

Baca Juga: Menu Tradisional Lintas Daerah yang Bertransformasi di Balikpapan

4. Bagaimana cara berkomunikasi kicuit putih?

Kicuit putih berkomunikasi melalui pertunjukan dan vokalisasi. Saat merasa terancam, mereka menghadapkan dada hitamnya ke arah penyusup dengan bulu mengembang dan ekor terangkat.

Kicuit putih juga mengeluarkan suara melengking yang terdengar seperti 'tslee-wee' atau 'tslee-vit', dilansir Kidadl.

5. Kicuit putih biasa terlihat sendiri atau berpasangan

Kicuit putih biasanya terlihat sendirian atau bersama pasangannya. Namun, selama migrasi, mereka dapat berkumpul dalam kelompok besar, baik saat mencari makan maupun saat bertengger di malam hari.

Kicuit putih aktif mencari makan di siang hari di tanah. Mereka juga terkadang mencari makanan di perairan dangkal atau terbang di atas permukaan air.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya