5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022

Dari kiper hingga striker

Balikpapan, IDN Times - Kompetisi English Premier League (EPL) 2021/2022 sudah berakhir dengan Manchester City menempati peringkat pertama juaranya. Selama kompetisi bergengsi dunia ini berlangsung, Brasil ternyata menyumbangkan para pemain muda berbakatnya dalam susunan skuad sejumlah tim elite Liga Inggris. 

Berdasarkan hasil penelitian Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES), Brasil menjadi negara yang paling banyak mengekspor pemain sepak bola ke berbagai negara. Berdasarkan data transfermarkt.co.id pada musim 2021/2022 terdapat 23 pemain berpaspor Brasil yang membela tim-tim liga Inggris.

Arsenal, Manchester City dan Liverpool menjadi klub terbanyak yang memakai jasa pemain asal Brasil, masing-masing berjumlah tiga pemain. Pemain Brasil terkenal punya skill dan fisik yang baik, tak heran mereka sering kali menjadi pemain andalan di klub yang mereka bela.

Berikut 5 pemain Brasil yang jadi andalan di sejumlah klub Liga Inggris musim 2021/2022.

1. Ederson Moraes, Manchester City

5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022Pemain Manchester City Ederson Santana de Moraes. Foto (90min.com)

Ederson Santana de Moraes, sosok penjaga gawang Manchester City tidak diragukan lagi sebagai salah satu kiper top di EPL. Kontribusinya, harus diakui turut menyumbang The Citizen mampu menjuarai kompetisi EPL musim 2021/2022 ini. 

Mantan pemain Benfica Portugal ini punya kemampuan membaca permainan dan reflek yang baik serta punya kemampuan passing yang brilian. Kemampuan passing tersebut sangat membantu Pep yang mengandalkan umpan-umpan pendek dan long ball yang cepat. Selama berkarier dengan City, ia mencatatkan torehan 95 kali tidak kebobolan dari 193 pertandingan. Musim lalu ia dinobatkan kiper terbaik sepanjang liga.

2. Fabinho, Liverpool 

5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022(90min.com)

Fábio Henrique Tavares atau akrab denngan Fabinho adalah gelandang bertahan Liverpool yang punya pengaruh penting dalam menjaga keseimbangan menyerang dan bertahan. Fabinho punya keunggulan membaca permainan yang baik, shooting terarah, attack-defence yang sama baiknya dan umpan yang terukur.

Postur tinggi yang ia miliki membuatnya sangat kuat dalam  duel-duel udara di lini tengah.  Musim lalu ia memainkan 30 laga dari total 38 laga bersama Liverpool dan menyumbang satu assist. Meskipun Liverpool menduduki peringkat kedua klasemen akhir EPL, tapi peran Fabinho sangat vital dalam menjaga keseimbangan permainan. 

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Kaltim dari Makanan hingga Aksesori Menarik

3. Richarlison, Everton

5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022Pemain Everton Richarlison de Andrade. Foto 90min.com

Prestasi klub Everton di musim ini memang tidak bisa dibanggakan, bahkan sempat tercecer dan akan masuk jurang degradasi kompetisi EPL musim ini. Hingga akhirnya, mereka selamat berada di peringkat 16 klasemen akhir Liga Inggris. 

Salah satunya berkat Richarlison de Andrade, striker muda jadi andalan timnas Brasil di usianya yang baru menginjak 24 tahun. Selama membela Everton, Richarlison mencetak banyak gol dan assist.

Pada tahun ini ia juga mampu membawa Tim Samba meraih medali emas Olimpiade Tokyo. Punya kecepatan, insting gol yang bagus dan skill di atas rata-rata membuat Richarlison menjadi tumpuan Everton mengarungi Liga Inggris musim 2021/2022.

4. Fred, Manchester United

5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022Penjaga gawang Liverpool Alisson Becker. Foto liverpoolfc.com

Alisson Becker, pada awalnya datang ke Liverpool sebagai salah satu pemain termahal di posisi penjaga gawang. Ia datang dari Liga Seri A Italia, AS Roma guna menambal sektor belakang The Reds yang memang sedang mengalami krisis di masanya. 

Tapi kepercayaan Jurgen Klop, Pelatih Liverpool dibayar tuntas Alisson yang turut berkontribusi pada kejayaan timnya dalam 3 tahun terakhir. Alisson menyumbang juara EPL 2019/2020, UEFA Champions League (UCL), Piala FA, dan Carabao Cup.

Alisson punya refleks luas biasa dalam mengatasi bola bawah maupun atas ditopang tubuhnya yang tinggi sekaligus kekar. Bukan hanya itu, ia pun cukup memiliki kemampuan operan yang bisa membantu timnya dalam membangun serangan dari barisan pertahanan.

Sehingga tidak heran, Timnas Brasil kesulitan dalam menentukan posisi penjaga gawang bersaing dengan kiper City, Ederson.

5. Thiago Silva, Chelsea

5 Pemain Brasil Andalan di Klub Liga Inggris Musim 2021/2022(90min.com)

Bek gaek asal Brasil ini membuktikan bahwa usia bukan menjadi halangan untuk tampil maksimal. Meskipun kepindahannya ke Chelsea musim lalu sempat dicibir, namun ia justru membuktikannya dengan mempersembahkan satu trofi Liga Champions dan solid mengawal pertahanan Chelsea bersama Antonio Rudigier.

Musim lalu ia memainkan 23 laga dan menyumbang 2 gol bagi Chelsea.

Posisi inti Timnas Brasil sepertinya sudah di tangan para pemain ini pada turnamen Piala Dunia di Qatar 2022 nanti kan. Siapa di antara mereka jadi idola kalian?

Baca Juga: 10 Tempat Romantis di Balikpapan yang Menawarkan Nuansa Keintiman

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya