TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asal Kalian Tahu Aja, Ini Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Mahal

Akumulasi beban biaya hidup setiap harinya

Gedung-gedung yang berlokasi di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Balikpapan, IDN Times - Kota-kota di Indonesia memiliki keunikan masing-masing tergantung kondisi geografis dan sosial budayanya. Kondisi ini pula yang menyebabkan ada perbedaan beban biaya hidup masing-masing di kota ini. 

Ada kota yang dikenal murah, tetapi tidak sedikit pula yang dikenal mahal biaya hidupnya. Berikut ini beberapa kota di Indonesia yang terkenal memiliki biaya hidup yang mahal beserta beberapa penyebabnya.

Baca Juga: Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di Balikpapan

1. Jakarta

Monumen Nasional (IDN Times/Lia Hutasoit)
  • Jakarta adalah kota dengan populasi yang padat dan tingginya permintaan akan hunian menyebabkan harga properti dan sewa rumah menjadi mahal.
  • Biaya transportasi yang tinggi seperti bahan bakar, tarif tol, dan biaya parkir dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengeluaran sehari-hari.
  • Harga makanan dan barang kebutuhan sehari-hari di Jakarta cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain karena tingginya permintaan dan biaya distribusi yang lebih tinggi.

2. Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali sukses menggelar Parade Surabaya Juang pada Minggu (6/11/2022). (Dok. Humas Pemkot Surabaya)
  • Surabaya juga memiliki populasi yang padat, sehingga permintaan tinggi terhadap hunian dapat menyebabkan harga properti dan sewa rumah menjadi mahal.
  • Biaya transportasi seperti bahan bakar dan tarif tol yang tinggi dapat memberikan kontribusi terhadap biaya hidup yang mahal di Surabaya.
  • Harga makanan dan barang kebutuhan sehari-hari di Surabaya juga cenderung lebih tinggi karena tingginya permintaan dan biaya distribusi.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Toko Buah di Balikpapan

Berita Terkini Lainnya