Comscore Tracker

9 Danau Cantik di Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata yang masih perawan

Samarinda, IDN Times - Indonesia merupakan negara yang dianugerahi dengan keindahan alam yang luar biasa. Tanah yang subur, sehingga berbagai jenis pohon pun dapat tumbuh di sini. Hutan hujan tropis yang menjadi paru-paru dunia pun ada di Indonesia. 

Tak hanya itu saja, air sebagai sumber kehidupan manusia melimpah ruah. Ada yang menganak-pinak mengalir melalui sungai hingga laut. Ada pula yang menjadi danau yang sangat indah. 

Banyak danau indah yang masih terjaga keindahan alaminya, yang cocok bagi pencinta wisata alam. Menyejukkan mata dan menenangkan hati bagi penikmatnya. Bebas dari hingar bingar kota yang menjenuhkan.

Di Kalimantan Timur (Kaltim) ada beberapa danau indah yang wajib didatangi.

Kecantikan exotic akan memanjakan mata.

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan danau dua rasa  yang sangat cantik. Salah satu objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau. Disebut danau dua rasa karena airnya mempunyai 2 rasa yaitu asin dari air laut, dan tawar.

Airnya yang sangat jernih seperti cermin. Berenang dan menyelam ke dasar danau sungguh sangat menyenangkan pastinya. Melihat ekosistem di dalam danau yang jernih terasa bertualang di alam yang berbeda.

Buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 hingga 19.00 Wita. Harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu harga sewaktu-waktu dapat berubah.

2. Danau Tulung Ni’Lenggo

Danau Tulung Ni’Lenggo berada di Desa Tembudan, Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruanlah yang menjadikan Danau Tulung Ni Linggau disebut Danau Biru.

Di sini bisa menikmati pemandangan alam yang cantik, berenang menikmati kesegaran air danau, serta bisa berkeliling menggunakan perahu yang disediakan. Tentu saja di danau ini pasti bagus untuk mengambil foto-foto yang Instagramable.

Harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu dan buka setiap hari selama 24 jam.

3. Danau Kakaban

9 Danau Cantik di Kalimantan Timur yang Wajib DikunjungiDanau Kakaban (instagram.com/fukovo)

Danau Kakaban adalah danau yang merupakan air laut terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Danau Kakaban juga merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin, berdinding karang terjal setinggi 50 meter dengan luas sekitar 5 km2. 

Di danau yang berada di Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau ini selain menikmati keindahan alam, juga dapat menyaksikan habitat ubur-ubur yang berenang-renang di permukaan.

Buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket Rp4.000.

4. Danau Melintang

Ingin liburan akhir pekan? Datanglah ke danau yang berada di Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini. Danau yang juga ada jalur pelayarannya ini sangat unik, karena ada rumah apung di atasnya.

Danau Melintang menjadi lokasi mata pencarian para nelayan di Kukar khususnya ikan air tawar setempat. 

Baca Juga: 10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

5. Danau Semayang

9 Danau Cantik di Kalimantan Timur yang Wajib DikunjungiDanau Semayang (instagram.com/ab.hakim)

Danau yang satu ini banyak pengunjungnya layaknya pantai. Tidak hanya anak-anak, banyak orangtua pun suka berenang di Danau Semayang. Di danau ini pemandangannya sangat bagus, apalagi ketika senja, bisa melihat sunset sambil naik perahu.

Danau ini terletak di Sumbe Sari Kota Bangun Kukar. 

6. Danau Jempang

Keunikan dari danau ini memiliki jembatan penghubung di tengah-tengahnya. Pastinya dari jembatan ini anda bisa mendapat spot foto menarik.

Untuk biaya ke danau ini anda harus membayar tiket Rp5 ribu. Danau ini berada di Tanjung Isuy Jempang Kutai Barat (Kubar). 

7. Danau Haifine

Danau Haifine ini lokasinya di Kota Samarinda dan menjadi salah satu wisata yang populer di kalangan warga kota. Meski berada di sekitar kota, danau ini tetap terasa sejuk, karena banyak perbukitan di sekitar area danau.

Danau yang berbentuk kawah kaldera ini berada di Simpang Pasir Palaran Kota Samarinda.

8. Danau Harapan Baru

Danau ini berada di Kota Samarinda dan sangat terjaga kelestariannya. Danau Harapan Baru ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Seperti memancing, perahu, tempat duduk santai, dan banyak lagi lainnya.

Lokasinya berada di Harapan Baru Loa Janan Ilir Kota Samarinda. 

9. Danau Cermin Lamaru

Danau ini berada di Lamaru Kota Balikpapan, yang keindahannya seperti cermin. Air yang bening dan suasana yang asri membuat banyak orang menyukai tempat ini.

Itulah 10 danau cantik di Kaltim yang menarik banyak wisatawan untuk sekadar bersantai dan menikmati hari. Jadi, tentukan kapan waktu untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di Kaltim ini sekarang juga.

Baca Juga: 7 Tempat Ngabuburit di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya