TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Liburan Anti Mahal, yuk Berhemat 

Liburan tidak harus mahal, yuk lebih berhemat lagi

ilustrasi liburan(pexels.com/anylane)

Balikpapan, IDN Times - Liburan adalah cara ampuh untuk mengistirahatkan pikiran dari semua beban pekerjaan yang sudah menumpuk di kepala. Pikiran fresh, kamu akan menjadi seseorang yang lebih baik dan banyak ide baru saat kembali bekerja. 

Banyak orang yang berlibur ke tempat yang mewah. Seperti traveling ke luar negeri sehingga mengharuskan kamu mengeluarkan banyak uang. 

Padahal, niat awal kamu berlibur dengan memilih lokasi yang sederhana. Dengan perencanaan yang baik, liburan kalian tidak dengan menguras kantong terlalu dalam.

Berikut ini beberapa tips liburan anti mahal yang mungkin bisa kamu coba.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

1. Berlibur ke tempat yang murah 

ilustrasi liburan(pexels.com/anylane)

Kebun binatang mungkin bukan lokasi atau pilihan tempat berlibur yang tepat dan menyenangkan bagi semua orang. Namun, dengan harga tiket yang terjangkau dan lokasi di tengah pusat kota bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Apalagi dengan lokasi di tengah kota membuat harga makanan menjadi terjangkau. 

Menghabiskan waktu di kebun binatang bisa dilakukan sendirian maupun bersama seluruh keluarga. Kamu juga berkesempatan untuk bisa mengenal para satwa yang keberadaannya sudah makin terancam.

2. Membawa makanan dari rumah

ilustrasi liburan(pexels.com/askarabayev)

Makanan adalah salah satu hal yang paling menguras kantong ketika akan pergi berlibur. Seringkali makan di luar rumah pun kerap mengecewakan di mana harga yang mahal dan rasa di bawah standar. 

Kamu bisa membawa makananmu sendiri dari rumah dengan jenis makanan yang simpel namun bisa bikin kenyang. Pilihlah jenis makanan yang bisa tahan dalam waktu yang lama, dan sebaiknya dimasukkan ke dalam tempat yang kedap udara agar aroma dan rasanya tidak mudah berubah.

3. Berlibur ke wisata alam terbuka

ilustrasi berlibur(pexels.com/helenalopes)

Wisata alam terbuka sekarang sudah mulai banyak tersedia, terutama ketika media sosial kerap memberitahukan lokasi atau tempat-tempat wisata yang menarik namun tidak harus merogoh kantong yang terlalu dalam.

Beberapa wisata alam terbuka tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang cantik, tapi juga akses lokasi yang nyaman dan area yang aman dari berbagai gangguan yang tidak kita kehendaki.

4. Piknik di belakang halaman rumah

ilustrasi liburan(pexels.com/askaabayev)

Berlibur tidak meski harus pergi jauh dari rumah, tapi bersantai di dekat rumah sudah bisa buat kamu nyaman dan bahagia.

Kamu hanya perlu merubah sedikit suasana yang ada dengan beberapa sentuhan, seperti menambahkan aneka lampu, membawa karpet atau mendirikan pondok kayu sederhana di belakang halaman rumahmu.

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

Verified Writer

febi wahyudi

Seorang pecinta alam dan menyukai dunia menulis serta membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya