Comscore Tracker

Kaltim Menempati Peringkat 4 Nasional dalam Investasi Swasta

Perbaikan ekonomi pasca pandemik COVID-19

Samarinda, IDN Times - Bank Indonesia mencatat perekonomian Kalimantan Timur (Kaltim) bergerak positif sejak 4 triwulan terakhir. Triwulan I tahun ini saja, laju pertumbuhan ekonomi Kaltim tercatat sebesar 1,85 persen.

Faktor utama penyebab perbaikan ekonomi Kaltim itu adalah terus melandainya COVID-19, didukung oleh demand domestik dan global yang terus membaik serta harga komoditas yang berada di level tinggi.

"Pertumbuhan ekonomi Kaltim didorong oleh capaian kinerja dari hampir seluruh sektor yang telah mengalami pertumbuhan positif," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (21/7/2022).  

1. Perekonomian Kaltim juga terlihat dari sisi investasi.

Kepada Gubernur Kaltim H Isran Noor dan peserta forum, Ricky menjelaskan angin segar perekonomian Kaltim juga terlihat dari sisi investasi.

Kinerja investasi Kaltim hingga quartal 1 (Q1) 2022 baik dari sisi Foreign Direct Investments (FDI) maupun Domestic Direct Investments (DDI). Keduanya mengalami pertumbuhan yang positif sejalan dengan tren pemulihan ekonomi nasional. FDI Kaltim tumbuh sebesar 236,98 persen (yoy) dan DDI tumbuh 158,90 persen (yoy).

"Kaltim menempati posisi ke-4 dari 34 provinsi di Indonesia sebagai provinsi dengan realisasi FDI terbesar serta peringkat ke-12 untuk realisasi DDI," ungkap Ricky.

Baca Juga: Mantan Sekda Samarinda Dilantik Jadi Pejabat di Pemprov Kaltim

2. Investasi merupakan salah satu ujung tombak perekonomian

Kaltim Menempati Peringkat 4 Nasional dalam Investasi SwastaIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Ricky, investasi merupakan salah satu ujung tombak yang dapat digunakan untuk terus meningkatkan perekonomian Kaltim. Sinergi yang kuat seluruh pihak dan penciptaan inovasi yang berkualitas tentu menjadi syarat penting untuk mewujudkan semua harapan terhadap perekonomian Kaltim yang maju dan sejahtera.

3. Investasi di Kaltim yang memiliki masa depan

Kaltim Menempati Peringkat 4 Nasional dalam Investasi SwastaProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Ricky pun mengajak para investor agar bisa menjajaki kerja sama dengan Pemprov Kaltim. Agar tidak melewatkan kesempatan berinvestasi di salah satu provinsi yang memiliki kinerja investasi terbaik di Indonesia. 

Sambutan ini memperoleh aplaus Gubernur Isran Noor dan seluruh hadirin forum investasi yang menghadirkan sejumlah pengusaha pariwisata di Pulau Dewata Bali itu. 

Baca Juga: Jukir yang Ancam Sopir dengan Sajam di Samarinda Diringkus Polisi

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya