Comscore Tracker

Pertamina Balikpapan Raih Penghargaan di Ajang ISDA Award 2021

Program Pertamina memperoleh masukan dari juri

Balikpapan, IDN Times - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan meraih penghargaan di ajang Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021. KPI Unit Balikpapan meraih peringkat gold untuk Program Coviducation Health RU V dan peringkat silver untuk Program Cagar Budaya Dahor Heritage,  Jumat (17/09/2021).

"Keikutsertaan Pertamina dalam ajang ISDA Award 2021 merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif perusahaan untuk terus semakin mengelorakan program-program keberlanjutan yang selaras dengan sustainable development goals (SDGs)," kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

1. Program pencegahan dan penanganan pandemik COVID-19

Pertamina Balikpapan Raih Penghargaan di Ajang ISDA Award 2021Proses vaksinasi COVID1-9 di DOME Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Chandra menjelaskan, KPI Unit Balikpapan menyertakan dua programnya. Program pertama adalah Coviducation Health RU V yang merupakan program pencegahan dan penanganan pandemik COVID-19 dilaksanakan oleh perusahaan.

Program ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan terutama tujuan 3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera khususnya partisipasi perusahaan pada penanggulangan dan pencegahan penyakit menular.

Baca Juga: Praktik Jual Beli Vaksinasi COVID-19 Dilaporkan ke Polres Balikpapan

2. Program Cagar Budaya Dahor

Pertamina Balikpapan Raih Penghargaan di Ajang ISDA Award 2021Salah satu Rumah Dahor di Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Program kedua adalah Program Cagar Budaya Dahor Heritage. Program ini adalah program yang dilaksanakan Pertamina bekerja sama komunitas Dahor Heritage serta didukung oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Program ini masuk dalam tujuan 11 yaitu kota dan permukiman yang berkelanjutan khususnya konservasi cagar budaya untuk masyarakat.

"Memenangkan penghargaan ajang ISDA 2021 memang bukanlah tujuan perusahaan, namun ajang ini menjadi salah satu cara kami mengukur seberapa efektif pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh perusahaan. Selain itu kita dapat belajar dari peserta lainnya," ujar Chandra.

3. Pertamina memperoleh banyak masukan dari juri

Pertamina Balikpapan Raih Penghargaan di Ajang ISDA Award 2021Ilustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Melalui presentasi di depan juri yang dilaksanakan sekitar satu bulan yang lalu, KPI Unit Balikpapan menurut Chandra mendapat banyak masukan dari dewan juri.

"Kami mendapatkan beberapa sudut pandang yang sebelumnya mungkin luput dari pandangan kami," jelasnya. 

ISDA yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan ajang kali keempat yang dilaksanakan oleh corporate forum for CSR development (CFCD).

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi semangat bagi kami untuk terus memperbaiki dan mengembangkan program-program perusahaan khususnya yang terkait dengan sustainable development goals (SDGs)," tutup Chandra.

Baca Juga: Bripka Taufik Ismail, Polisi yang Dedikasikan Diri di Teluk Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya