Comscore Tracker

Apindo Kaltim akan Dapat 30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19

BPJS Ketenagakerjaan berikan santunan

Balikpapan, IDN Times - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dan BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan vaksinasi yang dirangkai dengan penyerahan simbolis manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di Balikpapan Sport and Covention Center (BSCC) Dome, Jumat (17/9/2021).

“Kita dapat 27.000 vakin dari 30.000 vaksin yang ditargetkan, rencananya jika berjalan sukses kita akan dapat lagi 30.000 vaksin dari OJK,” ujar Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo.

1. Vaksinasi di puskesmas diutamakan bagi UMKM

Apindo Kaltim akan Dapat 30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19Proses vaksinasi COVID1-9 di DOME Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Slamet mengatakan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menilai pelaksanaan vaksin di Kaltim cukup sukes, misalnya Berau dan Balikpapan yang ditargetkan dilaksanakan minggu depan, ternyata minggu ini sudah dilaksanakan.

“27.000 dosis yang ada sudah disalurkan ke Balikpapan 9.000, Berau 6.000, Kukar 4.000 dan Samarinda 5.000,” ujarnya.

Selain di sentra vaksinasi BSCC Dome, lanjutnya, vaksinasi juga dilakukan di 27 puskesmas di mana masing-masing puskesmas sebanyak 50 dosis. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dan juga bisa menjangkau masyarakat bawah.

“Khusus untuk puskesmas, diutamakan bagi para pelaku UMKM yang ada di sekitar puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Polda Kaltim Pasang Kamera Pemantau Asap

2. Ditinjau langsung Wakapolda Kaltim

Apindo Kaltim akan Dapat 30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19Proses vaksinasi COVID1-9 di DOME Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Kegiatan ini juga ditinjau langsung Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, Ketua Apindo Kaltim Slamet Brotosiswoyo, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Yuliarty, jajaran BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan dan Balikpapan.

“Hari ini ada sebanyak 2.500 dosis vaksin yang disiapkan untuk pelaku usaha dan tenaga kerja yang BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, di sela-sela kunjungannya.

3. BPJS Ketenagakerjaan berikan santunan

Apindo Kaltim akan Dapat 30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19Proses vaksinasi COVID1-9 di DOME Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Rini Suryani mengatakan, pelaksanaan vaksinasi hari ini merupakan wujud kepedulian BPJS Ketenagakerjaan bersama Apindo dan Polda Kaltim.

“Ini dalam upaya mendukung percepatan vaksinasi yang diberikan kepada para pelaku UMKM di Kota Balikpapan,” paparnya.

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan penyerahan santunan klaim dari BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja dan meninggal di Kota Balikpapan.

“Kami berikan santunan kepada 10 kasus bervariasi mulai kecelakaan kerja hingga meninggal secara simbolis kepada ahli waris, dan pekerja yang mengalami risiko sosial ekonomi,” jelasnya.

Adapun risiko sosial ekonomi, dikatakan Rini seperti dalam melaksanakan tugas pekerjaan, pemerintah hadir melalui program BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan berupa jaminan kecelakaan kerja, kemudian jaminan kematiannya dan ada beasiswa bagi anak pekerja yang meninggal.

“Beasiswa akan diberikan kepada dua orang anak mulai dari TK sampai kuliah dengan total Rp174 juta,” tutupnya.

Baca Juga: Dapat Bantuan Alat PCR, Dinkes Balikpapan Butuh Renovasi Labkesda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya