Comscore Tracker

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di Balikpapan

Berkaitan dengan perjalanan berdirinya kota

Balikpapan, IDN Times - Bicara tentang tempat yang paling angker tentu belum apa-apa sudah merinding duluan bukan? Ya, tempat angker tentu selalu ada di setiap wilayah atau di setiap tempat yang sudah lama berdiri. Percaya atau tidak di setiap tempat pasti menyimpan kisah seramnya sendiri. 

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan berbagai tempat angker di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Ini dia di antaranya. Keep reading guys. 

1. Gunung Dubs

Bagi orang Balikpapan, siapa yang tidak kenal dengan kawasan Gunung Dubs. Ya, Gunung Dubs adalah sebuah dataran tinggi di Kota Balikpapan yang masih asri. Akan tetapi, di balik keindahan dan keasrian gunung ini, ternyata ada beberapa spot yang dinilai masyarakat sebagai tempat paling angker.

Kesaksian sejumlah orang sudah membuktikan informasi tersebut. 

Konon di Gunung Dubs, terdapat hantu Suster Maria merupakan salah satu urban legend masyarakat Balikpapan. Sebenarnya Suster Maria ini adalah seorang perawat keturunan Belanda. Namun, semasa hidupnya Suster Maria mati tragis karena dibantai di salah satu rumah di kawasan Gunung Dubs oleh tentara Jepang.

Sejak adanya kejadian pembantaian tersebut, Suster Maria dinilai kerap mengganggu pengemudi yang melintas di sekitar Gunung Dubs entah menumpang dan lain sebagainya. Menurut warga sekitar, penampilan Suster Maria sangatlah menyeramkan.

2. Rumah Dalang

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di BalikpapanSumber Gambar: cinechew.com

Rumah Dalang adalah rumah pembantaian, mendengar namanya tentu tidak heran jika tempat ini diklaim angker oleh warga sekitar. Sebenarnya Rumah Datang nampak seperti rumah barat di Selandia Baru.

Namun, rumah ini sudah tidak dihuni sejak lama dan mengeluarkan aura mistis yang begitu kuat.

Baca Juga: Ini Cikal Bakal Berdirinya Kota Bontang di Kaltim

3. Kilang minyak

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di BalikpapanIlustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Kilang minyak terletak di Balikpapan yang beroperasi hampir 24 jam. Kawasan ini dikenal sebagai tempat yang angker. Meski demikian, kawasan ini tidak terlalu angker karena beroperasi hampir 24 jam dan selalu ada lampu yang menerangi.

Hal yang membuat area ini begitu angker adalah kilang minyak ini sudah beroperasi sejak zaman Belanda. Kepemilikan kilang minyak ini juga sudah berpindah tangan beberapa kali mulai dari Belanda, Jepang, Inggris hingga akhirnya Indonesia.

4. Tahura Bukit Soeharto

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di Balikpapanalamendah.org

Bukit Soeharto merupakan kawasan yang mungkin pernah kamu lewati ketika melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda. Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto menyimpan banyak sekali cerita menyeramkan.

Konon katanya, tempat ini dulunya merupakan tempat kerja paksa yang dilakukan oleh tentara Jepang. Seperti yang kita ketahui, pekerja paksa yang mati tidak dikubur secara layak sehingga meninggalkan kisah mistis di dalamnya.

5. Hotel Tirta

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di Balikpapanmerdeka.com

Hotel Tirta adalah salah satu tempat di Balikpapan yang terkenal angker. Bangunan ini sudah tidak lagi berpenghuni. Dahulu, saat masih beroperasi tamu-tamu hotel ini sering kali diganggu oleh makhluk tak kasat mata sehingga pengunjung pun merasa diteror bermalam di hotel ini.

Seiring waktu pengunjung hotel ini menjadi berkurang dan pada akhirnya sepi pengunjung. Kemudian pemilik hotel tersebut memutuskan menutup hotel.

Karena hotel ini sudah tidak lagi berpenghuni, nuansa mistis dari hotel ini kian mengental. Di bagian dalam hotel ada kolam renang yang konon katanya kolam tersebut dihuni oleh siluman buaya putih yang kerap kali meminta tumbal. Hal ini dibuktikan dari acara televisi

“Mister Tukul” yang pernah berkunjung ke hotel ini. Tidak hanya buaya putih saja, bahkan sosok kuyang juga berkeliaran di sekitar hotel ini.

6. Jembatan Maryati

Awas! Ini Tempat Paling Dianggap Angker di Balikpapanthegorbalsla.com

Mungkin jembatan ini terlihat biasa-biasa saja. Namun, perlu diketahui bahwa di jembatan ini dikenal ada hantu Maryati yang cukup terkenal. Jadi, pada sekitar tahun 1940-an ada seorang wanita yang bernama Maryati. Semasa hidupnya, ia memasang banyak susuk di tubuhnya. Susuk ini bertujuan untuk menarik lawan jenis.

Namun, suatu hari Maryati terkena kanker Rahim. Melihat kondisinya yang mengenaskan, seorang ustaz berhasil melepas semua susuk di tubuh Maryati. Namun, kondisi tubuh bagian bawahnya justru membusuk. Kemudian Maryati berniat meminta maaf kepada semua orang yang pernah disakitinya, namun tidak satu pun yang mau menemui Maryati.

Bahkan saat Maryati meninggal jenazahnya konon tidak dimakamkan. Pada akhirnya Maryati meneror gentayangan untuk mengetuk pintu rumah warga.

 

Itulah cerita-cerita seram sempat dipercaya sebagian warga Balikpapan. Boleh percaya atau tidak, tetapi paling sekadar menikmatinya sebagai sebuah cerita belaka kan. 

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Kekinian dan Ramah Kantong di Berau

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya