TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Kalsel Gelar Pengundian Nomor Urut Cagub dan Cawagub

Pencabutan nomer urut secara transparasi

Pencabutan nomer urut pilgub Kalsel di KPU Provinsi Kalsel.

Banjarmasin, IDN Times - Pencabutan nomor urut pasangan calon (Paslon) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), serta Bupati dan Wali Kota, berlangsung serentak di Kantor KPU Kalsel, Jalan Ahmad Yani, Km 3,5, Banjarmasin, pada Senin malam (23/9/2024).

Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin dan Hasnuryadi Sulaiman, meraih nomor urut 1, sementara Raudatul Jannah (Acil Odah) dan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha (Haji Rozanie) mendapatkan nomor urut 2 dalam Pilgub Kalsel 2024.

1. Pengambilan nomor urut secara terbuka dan live

Acara pencabutan nomor urut dilakukan dengan transparansi dan disiarkan langsung melalui akun YouTube KPU Kalsel. Rapat pleno penentuan nomor urut dibuka oleh Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa, dihadiri oleh pejabat pemerintah setempat.

Setelah pengundian, KPU Kalsel segera menyusun berita acara penetapan nomor urut.

Baca Juga: Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota Banjarmasin

2. Jadwal kampanye 25 September-23 November

Ketua KPU, Andi Tenri Sompa, menjelaskan bahwa proses pengundian menggunakan sistem fish bowl, di mana setiap paslon mengambil bola dan menunjukkan nomor yang diperoleh kepada audiens.

“Alhamdulillah, nomor urut sudah didapat dan malam ini kita tetapkan. Selanjutnya, mereka akan dijadwalkan untuk kampanye mulai 25 September hingga November mendatang,” ujarnya.

3. Pilwali di Banjarmasin, Arifin nomor 1, Yamin 2, dan Mukhyar 3

Di lokasi lain, pencabutan nomor urut untuk tiga Paslon Wali Kota Banjarmasin berlangsung di Gedung Chandra, Banjarmasin Barat. KPU Banjarmasin menetapkan pasangan Arifin Noor-Supian Akbari mendapatkan nomor urut 1, M Yamin-Ananda nomor urut 2, dan Mukhyar-Awan Subarkah nomor urut 3.

Suasana acara dimeriahkan oleh sorak-sorai pendukung masing-masing paslon, meski tetap kondusif.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rusnailah, menegaskan, “Kami menetapkan Paslon Arifin Noor-Supian Akbari sebagai nomor urut 1, M Yamin-Ananda sebagai nomor urut 2, dan Mukhyar-Awan Subarkah sebagai nomor urut 3.”

Baca Juga: Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota Banjarmasin

Berita Terkini Lainnya