TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan Fisik Kota Nusantara Mencapai 29,04 Persen

Total anggaran 75 paket senilai Rp76 triliun

Sebanyak 130 pengusaha Singapura meninjau langsung lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (31/5/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Progres pembangunan fisik di kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai 29.04 persen. Pemerintah menetapkan 75 paket pembangunan IKN di mana 36 di antaranya dalam progres sedangkan sisanya pada Juli 2023 nanti. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, 75 paket pembangunan IKN ini akan dilaksanakan pada 2022 hingga 2024. 

“Pembangunan fisik ini meliputi pembangunan jalan tol, jalan kawasan, sumbu barat, sumbu timur, kantor presiden, kantor kemenko, kantor kementerian lainnya, perumahan, air bersih, pengendalian banjir dan perumahan ASN,” katanya di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (1/6/2023).

Baca Juga: Sepertiga Jemaah Haji di Balikpapan Tergolong Warga Lansia 

1. Sisa paket proyek dikerjakan mulai Juli 2023

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, ketika kunjungi kesiapan bendung calon IKN (IDN Times Ervan Masbnjar)

Basuki mengatakan, sebanyak 36 paket pembangunan IKN sudah dalam progres under contractions. Sedangkan sisa paket proyek sebanyak 39 paket akan ditandatangani pada bulan Juni 2023 nanti. 

Pengerjaannya pun segera dilaksanakan pada bulan Juli 2023. 

“Insya Allah sisanya 39 paket lagi akan ditanda tangani di bulan Juni 2023 ini dan pengerjaannya akan dimulai di bulan Juli 2023 mendatang,” ungkapnya.

2. Progres pembangunan IKN mencapai 29,04 persen

Sejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Basuki mengatakan, progres pembangunan KIPP IKN terus dalam progres. Bahkan pembangunan sejumlah obyek vital IKN ditargetkan tuntas pada bulan Juli nanti, yakni kantor presiden, kementerian koordinator, rumah dinas menteri, Menteri Sekretariat Negara, Sekretariat Presiden, dan Pasukan Pengawal Presiden.

Termasuk jalan tol menghubungkan IKN-Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

“Rencananya pada bulan Juli 2024 nanti. Termasuk jalan tol IKN-Balikpapan3A dan 3B tapi sebagiannya dulu, Selain itu juga sarana air bersih seperti bendungan, intake, sanitasi,” paparnya. 

Baca Juga: Kilang Pertamina Balikpapan Raih 6 Penghargaan di APQA 2023

Berita Terkini Lainnya