TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BNPB Masih Pantau Pascagempa di Wilayah Berau

Tercatat 19 gempa susulan di Kaltim

ilustrasi gempa

Balikpapan, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan pemantauan dan memberikan edukasi kesiapsiagaan kepada masyarakat di wilayah pesisir Kalimantan Timur (Kaltim) setelah dilanda 19 gempa tektonik dangkal.

1. Teknis pemantauan gempa dilaksanakan BPBD Berau

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan, pemantauan dan edukasi tersebut dilaksanakan oleh BPBD Berau, di bawah pengawasan BNPB dan Pemerintah Kabupaten Berau.

"Upaya ini dilakukan untuk memastikan keselamatan masyarakat. Bangunan yang mengalami kerusakan perlu segera diperiksa oleh pihak berwenang," ujar Abdul Muhari dalam keterangan pers diberitakan Antara di Jakarta, Senin (16/8/2024).

Baca Juga: Tiga Bapaslon Pilkada di Balikpapan Lolos Tes Kesehatan dan Narkoba

2. Situasi gempa terjadi di wilayah Berau

Gempa utama terjadi pada Minggu (15/9) pukul 21.08 Wita dengan kekuatan 5,6 magnitudo. Titik episenter gempa terletak pada koordinat 1,30° LU dan 118,46° BT, yakni 147 kilometer tenggara Berau, Kalimantan Timur, pada kedalaman 11 kilometer.

Menurut Tim Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, hingga Senin pukul 08.00 Wita, telah terjadi 19 kali gempa susulan di wilayah tersebut, dengan kekuatan bervariasi antara 4,2 hingga 2,8 magnitudo. Gempa-gempa ini diduga terkait dengan aktivitas sesar aktif Sangkulirang – Mangkaliat di wilayah Berau.

Berita Terkini Lainnya