TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peluncuran Ekowisata Muara Siran di Kutai Kartanegara

Penopang kawasan tiga danau di Kukar

Danau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Akun Instagram innalrahman

Kukar, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan launching Ekowisata Muara Siran sekaligus meresmikan Rumah Apung Danau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara, Ahad (11/12/3022).

“Ketika bicara tiga danau, itu menjadi motor penggerak sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kaltim. Kawasan di sekitarnya akan menjadi penopangnya. Eksplorenya masuk ke Muara Siran,” kata Sri Wahyuni dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

Baca Juga: Pria di Kukar Kehilangan Dompet, Uang Tabungan Rp259 Juta Raib 

1. Desa Wisata Muara Siran dengan pengembangan ekowisata

Sri Wahyuni mengatakan, Desa Wisata Muara Siran dengan pengembangan ekowisatanya bisa menjadi penopang kawasan tiga danau (Semayang, Melintang dan Jempang) yang telah masuk sebagai kawasan strategis Provinsi Kaltim.

Kaltim menjadi mitra strategis ibu kota negara (IKN) Nusantara, selain wilayah Pulau Derawan dan Maratua yang sudah menjadi Destinasi Pariwisata Prioritas Baru Nasional, pemerintah pusat juga sudah mencari kawasan di sekitar IKN, dengan jarak terdekat yang bisa menjadi escape bagi warga IKN.

2. Kawasan wisata tiga danau di Kutai Kartanegara

Danau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Akun Instagram vxlzone

Itu adalah kawasan tiga danau.

“Ada jalan pendekat dari IKN ke Kota Bangun yang bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam. Dan jika dibangun jalan tol, bisa lebih cepat jarak tempuhnya. Ini merupakan benang merah yang sangat baik posisinya, untuk pengembangan ekowisata Muara Siran, sebagai salah satu daerah penopang kawasan wisata tiga danau,” jelas Sri.

Sekda mengapresiasi komitmen dari Pemkab Kukar bersama PT Bara Tabang dan Bayan Group sebagai mitra pemerintah daerah yang sudah melakukan pengembangan ekowisata Desa Muara Siran dengan melakukan pengembangan masyarakat melalui BUMDes maupun Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Baca Juga: Polda Kaltim Amankan Tongkang dalam Praktik Tambang Ilegal di Kukar

Berita Terkini Lainnya