Kemnaker Gelar Pelatihan untuk Ratusan Masyarakat di PPU

Badan Otorita tampung 150 ribu hingga 200 ribu pekerja

Penajam, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI menggelar pelatihan kepada ratusan masyarakat di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim). Pelatih untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Mega proyek prioritas nasional pembangunan IKN Kecamatan Sepaku PPU masih menjadi isu sentral yang terus menjadi perhatian. Mulai dari pembangunan fisik hingga pembangunan sumber daya manusia.

“Oleh karena itu, Kemnaker tak mau tertinggal dalam upaya persiapan pembangunan IKN. Berbagai langkah terus dilakukan, mulai dari penyiapan sumber daya manusia dengan membekali keterampilan dan keahlian bagi masyarakat sekitar IKN,” kata Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavogan) Kemnaker RI Muhammad Ali Hapsah kepada IDN Times, Senin (24/10/2022).

1. Pemberian pembekalan dengan memaksimalkan BPVP milik Kemnaker

Kemnaker Gelar Pelatihan untuk Ratusan Masyarakat di PPUDirektur Binalavogan Kemnaker Muhammad Ali paparkan program pelatihan untuk masyarakat di IKN Kabupaten PPU (IDN Times/Ervan)

Kemnaker memaksimalkan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) yang dimiliki Kemnaker. Sebagai langkah awal, pihaknya telah menyiapkan program pelatihan yang khusus ditujukan bagi masyarakat titik sentral pembangunan IKN.

"Pembangunan fisik sangat penting, tapi jangan lupa, pembangunan sumber daya masyarakat juga wajib untuk diperhatikan. Hal ini untuk menghindari adanya kecemburuan sosial dan mengantisipasi masyarakat sekitar IKN hanya sebagai penonton pembangunan," tuturnya.

Pria yang mengawali karier di Kabupaten Paser menyebutkan, perlu adanya program-program pelatihan yang sesuai dengan masyarakat sekitar IKN. Baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembangun IKN.

Baca Juga: Satu Anak di PPU Meninggal karena Penyakit Gagal Ginjal Akut

2. Telah buka program pelatihan berbasis kompetensi tahap I dan tahap 2

Kemnaker Gelar Pelatihan untuk Ratusan Masyarakat di PPUDirektur Binalavogan Kemnaker Muhammad Ali saat berdikusi dengan Plt Bupati PPU Hamdam (IDN Times/Ervan)

Muhammad Ali Hapsah mengatakan, Kemnaker membuka program pelatihan berbasis kompetensi tahap Ikepada 80 peserta dengan model mobile training unit (MTU). Program ini telah dilaksanakan Agustus hingga September diikuti 160 orang.  

Program pelatihan seperti barista, membatik, operator alat berat, dan sebagainya. Program ini dilaksanakan BPVP Samarinda, DUDI, dan juga dari perusahaan swasta lain.

“Kemnaker yang dalam hal ini BPVP Samarinda, selain program itu juga melaksanakan program pelatihan berbasis kompetensi sistem boarding. Melibatkan sejumlah balai besar dan balai pelatihan vokasi yang dimiliki Kemnaker,” urainya. 

Di antaranya, BBPVP Bekasi, BBPVP Medan, BBPVP Serang, BBPVP Bandung dan BPVP Bandung Barat dengan fokus pelatihan berbasis kompetensi manufaktur, agrikultur, fesyen,  pariwisata, otomotif, hingga teknologi informasi komputer.

3. Pembangunan IKN butuhkan 200 ribu tenaga kerja

Kemnaker Gelar Pelatihan untuk Ratusan Masyarakat di PPUKepala Badan Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono berikan keterangan pers (IDN Times/Ervan)

Sementara itu belum lama ini, Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengatakan, pembangunan IKN akan melibatkan banyak tenaga kerja. Setidaknya, pemerintah membutuhkan 200 ribu tenaga kerja untuk menyelesaikan pembangunan IKN. 

Untuk itu perlu peran semua pihak, termasuk dukungan dari masyarakat lokal yang terdampak langsung pembangunan IKN. Selain itu, ada kekhususan di dalam pelaksanaan.

Misalnya, nanti akan ada beberapa jumlah yang cukup besar untuk pekerja di lapangan. Jadi diperkirakan 2023 itu Badan Otorita bakal menampung 150 ribu hingga 200 ribu pekerja di lapangan.  

“Hal ini juga ditegaskan usai rapat bersama presiden di Istana Bogor Jawa Barat, Jumat (3/6/2022). Direncanakan, pembangunan IKN akan dimulai pada paruh kedua 2022. Harapan agar nanti di 2023 kita akan mulai membangun dalam skala-skala yang memang sudah kita targetkan," pungkasnya.

Baca Juga: Satu Anak di PPU Meninggal karena Penyakit Gagal Ginjal Akut

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya