Comscore Tracker

Polres PPU Memperoleh Tambahan 40 Personel Bintara Remaja Baru 

Harus mampu baca situasi

Penajam, IDN Times - Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) memperoleh tambahan 40 personel bintara remaja baru. Mereka merupakan personel Polri yang baru saja lulus pendidikan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Indonesia.

“Tadi pagi kami baru melakukan penerimaan 40 anggota bintara remaja baru nusantara atau asal sejumlah Polda dan dilakukan pembinaan tradisi penyambutan Bintara Polri Angkatan 47 Mapolres PPU," kata Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Wakapolres Kompol Bergas Hartoko, Jumat (2/12/2022).

1. Untuk mempererat jiwa Korps Bhayangkara

Polres PPU Memperoleh Tambahan 40 Personel Bintara Remaja Baru Rangkaian penyambutan Bintara Remaja Baru Nusantara Polres PPU, Jumat 2/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Bergas mengatakan, tradisi penyambutan bintara remaja merupakan awal proses pembinaan karier dan bertujuan untuk mempererat jiwa Korps Bhayangkara. 

Agar dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang  diperolehnya di kesatuan kewilayahan, dengan materi yang diterima di SPN. 

“Nantinya akan melalui suatu sistem tour of duty dan tour of area, dengan memperhatikan dinamika organisasi dan perkembangan situasi di luar organisasi yang semakin kompleks,” tegasnya.

Baca Juga: Residivis di PPU Mencabuli Tetangga yang Masih Anak di Bawah Umur

2. Diharapkan mampu akomodasi fenomena dan gejala yang timbul

Polres PPU Memperoleh Tambahan 40 Personel Bintara Remaja Baru Upacara penyambutan Bintara Remaja Baru Nusantara Polres PPU, Jumat 2/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Ditambahkannya, para bintara remaja baru ini diharapkan mampu mengakomodasi semua fenomena dan gejala yang timbul dengan menampilkan suatu struktur organisasi yang kuat dengan dilandasi suatu pemikiran yang profesional, bermoral, dan modern. 

“Wujud tampilan ini dapat dimunculkan untuk membawa organisasi sebagai sebuah institusi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan masyarakat dan mampu menyelaraskan diri dengan dinamika perubahan dalam masyarakat,” tuturnya. 

Kondisi ini, menurutnya, merupakan tantangan bagi Polri agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Jadi anggota Polri harus mampu membaca situasi kapan harus menjadi sosok yang santun dan kapan harus menjadi sosok yang tegas.

3. Polri di era modern harus mampu baca situasi

Polres PPU Memperoleh Tambahan 40 Personel Bintara Remaja Baru Rangkaian penyambutan Bintara Remaja Baru Nusantara Polres PPU, Jumat 2/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Diterangkannya, Polri di era modern ini juga harus mampu membaca situasi. Membuat psikologis massa berubah mengikuti perkembangan informasi yang terdapat didalamnya. 

Kemampuan Polri dalam manajemen media, baik  konvensional maupun media sosial. Mampu mengubah psikologis massa terhadap Polri dengan terus mengekspos sisi positifnya. 

“Saya berpesan, agar seluruh anggota Polres PPU dan bintara remaja baru untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa. Tingkatkan profesionalisme Polri dengan berpegang teguh pada Tribrata, Catur Prasetya sebagai jati diri insan Bhayangkara,” pintanya.

Selain itu, ia meminta, agar mereka dapat jaga kekompakan dan kebersamaan serta tanamkan kesetiakawanan yang positif sesama anggota. Serta laksanakan tugas dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab serta disiplin.

4. Juga dipersiapkan jaga kondusifitas wilayah IKN

Polres PPU Memperoleh Tambahan 40 Personel Bintara Remaja Baru 40 Bintara Remaja Baru Nusantara Polres PPU, Jumat 2/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Bintara remaja baru  ini berasal dari beberapa provinsi, seperti Aceh, Papua, Papua Barat, Jawa Barat, dan lainnya. Hal ini terkait dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Hukum Polres PPU. Mereka juga dipersiapkan untuk menjaga kondusifitas wilayah IKN Nusantara.

“Kami berharap, personel Bintara remaja baru ini, dapat bertugas memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat PPU,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab PPU Urus Sertifikat 1.000 Persil Kepemilikan Tanah Miliknya

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya