Comscore Tracker

Polda Kaltim Urunan Bantu Korban Gempa Cianjur, Terkumpul Rp500 Juta

Bantuan diserahkan pada Kapolres

Balikpapan, IDN Times - Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November lalu.  Bencana ini mengetuk hati jajaran di Polda Kalimantan Timur yang pada Selasa (22/11/2022) lalu keberangkatan sejumlah bantuan dan dilepas langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto. Bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari personel polda, polres dan jajaran. Jumlah yang terkumpul sebanyak Rp500 juta.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan pada Jumat (25/11/2022) oleh Direktur Intelkam Polda Kaltim mewakili Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan Lia Dedy Kusuma Bakti mewakili Ketua Bhayangkari Daerah Kaltim, Ade Imam Sugianto. "Bantuan yang diserahkan antara lain dalam bentuk makanan siap saji 150 paket, dan uang tunai," tutur Imam Sugianto. 

1. Himpun hingga Rp500 juta dari anggota

Polda Kaltim Urunan Bantu Korban Gempa Cianjur, Terkumpul Rp500 JutaKapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto

Untuk diketahui, sebelumnya bantuan yang terkumpul dari anggota polda, polres dan jajaran mencapai total Rp500 juta. Bantuan uang tunai ini digunakan untuk menyiapkan paket bantuan bagi warga korban gempa Cianjur. Jajaran Polda Kaltim langsung bergerak cepat dengan mengumpulkan dana dari seluruh personel Polda Kaltim pasca bencana tersebut. 

Hal ini merupakan bentuk kepedulian Polda Kaltim terhadap ribuan korban gempa Cianjur. "ini adalah salah satu inisiatif kami, dengan mengumpulkan dana secara internal dan spontan pasca gempa yang melanda Cianjur. Dana ini merupakan murni dari sumbangan seluruh personel polisi di lingkungan Polda Kaltim," kata Imam.

Sebanyak empat unit kendaraan truk mengangkut bantuan kemanusiaan tersebut. Pengiriman dilakukan dengan pengamanan tertutup oleh lima orang personel Dit Intelkam Polda Kaltim. "Tiba Jumat sore di Mako Polres Cianjur," tuturnya.

Bantuan diterima langsung oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi dan Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan. Sementara bantuan kemanusiaan Bhayangkari Peduli diterima oleh Ketua Bhayangkari Cabang Cianjur Rifta Doni Hermawan. 

Baca Juga: Kejar Target, Kontraktor Tangani Banjir di Balikpapan Tambah Pekerja

2. Berikan bantuan untuk anggota kepolisian dan media

Polda Kaltim Urunan Bantu Korban Gempa Cianjur, Terkumpul Rp500 JutaPenyerahan bantuan berupa uang tunai yang diterimakan oleh Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan. (IDN Times/Istimewa)

Korban gempa di Cianjur juga telah memakan korban di lingkungan kepolisian. Sehingga bantuan-bantuan ini juga diberikan untuk para personil Polres Cianjur yang terdampak gempa. Korban salah satunya merupakan Bhayangkari dan sang anak yang ditemukan meninggal dunia tertimbun longsoran tanah di Cugenang.

"Untuk teknis bantuan lainnya kami serahkan kepada Kapolres Cianjur. Selain itu kami juga menyampaikan bantuan tunai untuk posko Media Cianjur yang disalurkan kepada kontributor Metro TV, untuk dikelola bersama," jelasnya. 

3. Gelar salat gaib untuk korban gempa Cianjur

Polda Kaltim Urunan Bantu Korban Gempa Cianjur, Terkumpul Rp500 JutaSalat gaib untuk korban gempa Cianjur di Masjid Al-Ikhlas Polda Kaltim. (IDN Times/Istimewa)

Tak hanya berupa bantuan, Polda Kalimantan Timur juga menggelar salat gaib dan doa bersama di Masjid Al-Ikhlas Mapolda Kaltim, pada Jumat (25/11/2022) kemarin. Imam Sugianto menambahkan, salat gaib tersebut dilaksanakan sebagai bentuk belasungkawa jajarannya terhadap korban gempa di Cianjur. 

Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian masyarakat Kaltim terhadap saudara-saudara yang tertimpa musibah. “Kami berharap keluarga yang terkena musibah dapat diberikan kesabaran. Semoga arwah para korban diterima di sisi-Nya,” ujar Kapolda Kaltim.

Lebih lanjut, Imam mengajak masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki, untuk memberikan sumbangan agar dapat membantu meringankan beban saudara yang berada di posko pengungsian.

"Jika ada warga kita yang memiliki ekonomi lebih, bisa membantu dengan sedikit menyumbangkannya. Karena masih banyak juga yang membutuhkan bantuan di tenda-tenda darurat," jelasnya.

Baca Juga: Resep Mihun Goreng Khas Samarinda, Menu Sarapan Hemat

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya