Ribuan Anak Balikpapan Usia 6-11 Tahun Vaksinasi COVID-19 Dosis 1

Sekolah dapat ajukan pelaksanaan vaksiansi untuk pelajar

Balikpapan, IDN Times - Kick off vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun digelar di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dilaksanakan Rabu (15/12/2021) pagi di sentra vaksinasi BSCC Dome. Secara simbolis, sebanyak 8 orang anak menerima dosis satu Vaksin Sinovac.

Total ada 1.500 pelajar yang mendapatkan dosis satu Sinovac dalam kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini. Anak-anak tersebut juga didampingi orangtua mereka. 

Pelajar berseragam merah putih juga terlihat menunggu giliran divaksin. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan memilih pelajar SDN 013 dan SDN 014 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan sebagai peserta karena kondisi sekolah yang dekat dengan sentra vaksinasi.

"Karena posisinya berdekatan dengan Dome, sehingga guru dan orangtua siswa siap untuk menghadirkan muridnya," ujar Kepala Dinkes Balikpapan, Andi Sri Juliarty usai pembukaan kegiatan vaksinasi. 

1. Vaksin anak 6-11 tahun bisa juga diakses di puskesmas dan Gedung Kesenian

Ribuan Anak Balikpapan Usia 6-11 Tahun Vaksinasi COVID-19 Dosis 1Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (IDN Times/ Fatmawati)

Dio, sapaan Andi Sri Juliarty mengungkapkan, Dinkes juga membuka kesempatan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun di fasilitas kesehatan lainnya.

Anak-anak ini bisa mendapatkan vaksinasi di puskesmas, BSCC Dome, dan Gedung Kesenian di Balikpapan setiap Selasa dan Kamis. Kendati begitu, pihaknya juga memberi kesempatan bagi sekolah-sekolah yang ingin melaksanakan vaksinasi di sekolahnya.

"Sekolah silakan menghubungi puskesmas wilayah setempat agar petugas bisa datang ke sekolah. Kami targetkan pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun akan selesai pada bulan Februari 2022," ujarnya.

Baca Juga: Balikpapan Menerima DAK Fisik Rp68 Miliar untuk Infrastruktur 

2. Balikpapan daerah pertama di Kaltim yang laksanakan vaksinasi usia 6-11 tahun

Ribuan Anak Balikpapan Usia 6-11 Tahun Vaksinasi COVID-19 Dosis 1Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyaksikan vaksinasi salah satu anak di Dome (15/12/2021). (IDN Times/ Istimewa)

Berdasarkan data, tercatat ada 81.404 anak berusia 6-11 tahun. Adapun dari data tersebut, yang masuk dalam kategori sebagai anak sekolah ada sekitar 67.800-an, sementara lainnya masih belum bersekolah.

Ia menjelaskan, vaksinasi anak masuk dalam tahapan vaksinasi nasional. Sebelum melaksanakan vaksinasi untuk anak ini sudah melalui persetujuan BPOM dan Ikatan Dokter Anak Indonesia. Juga SK dari Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan Selasa (14/12/2021). 

"Dalam lampiran surat menkes tercantum bahwa Balikpapan merupakan kota yang ditetapkan menjalankan kick off kemarin. Tapi kita mundur hari ini karena tidak bisa menjalankan dalam satu hari," terangnya. 

Hingga kini capaian vaksinasi Kota Balikpapan mencapai 97,9 persen dosis satu dan 79,29 persen dosis dua. Dijelaskannya, anak-anak selanjutnya akan menggunakan vaksin Sinovac. Sementara dewasa akan menggunakan Pfizer dan Astra Zeneca.

3. Minta orangtua tetap waspada jika bawa anak berlibur

Ribuan Anak Balikpapan Usia 6-11 Tahun Vaksinasi COVID-19 Dosis 1Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di BSSC Dome, Balikpapan. (IDN Times/ Fatmawati)

Sementara, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengatakan, dirinya memberikan apresiasi dilaksanakannya program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Ia pun berterima kasih pada TNI-Polri yang memberikan dukungan bersama Dinas Kesehatan.

Menurutnya ini adalah permulaan, karena Balikpapan termasuk Kota yang pertama di Kaltim dalam pelaksanaan vaksiansi anak usia 6-11 tahun ini. Ini baik untuk melindungi seluruh warga Balikpapan.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dan terbentuknya herd immunity. Ke depan juga bisa mendukung peningkatan kapasitas peserta PTM," kata Rahmad.

Namun, ia meminta agar setiap orangtua tetap waspada apabila berencana mengajak anak-anak berlibur. Khususnya di luar daerah lantaran anak-anak rentan tertular COVID-19.

"Yang penting kita tetap protokol kesehatan dengan ketat. Jangan sampai lalai. Karena angka kasus sudah melandai jangan sampai naik lagi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati," tandasnya.

Baca Juga: Catat! Balikpapan Kick Off Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya