Comscore Tracker

Aksi Demo Warga, Jokowi akan Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda

Warga menuntut penuntasan pembebasan lahan

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tetap meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan 5 di Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (24/8/2021).  Peresmian jalan tol berpotensi penolakan dari warga setempat yang menuntut pelunasan dana pembebasan lahan. 

“Komunikasi awal sih dengan Dir Intel sudah gak ada masalah ya, sudah diberikan pengertian. Karena bagaimanapun juga ini demi kepentingan masyarakat banyak terkait kalau ini jalan lancar Samarinda dan Balikpapan sehingga perekonomian juga akan lancar dan meningkat,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo, saat dihubungi terkait kunjungan Presiden RI ke Kaltim, Senin (23/8/2021).

Infrastruktur jalan penting dalam mendukung perekonomian suatu daerah. Bagaimana  agar arus transportasi terutama bahan baku dan lainnya tidak mengalami kendala. 

1. Gelar pasukan jelang kedatangan Presiden RI

Aksi Demo Warga, Jokowi akan Resmikan Tol Balikpapan-SamarindaPersiapan jelang kedatangan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (23/8/2021). Foto istimewa

Yusuf mengatakan, personel keamanan terdiri unsur TNI/Polri sudah bersiaga jelang kedatangan Presiden Jokowi ke Kaltim. Presiden diagendakan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di DOME Balikpapan dilanjutkan peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan 5. 

Sebanyak 2.500 personel sudah berjaga dari Samarinda hingga Balikpapa. Para personel keamanan seluruhnya sudah menjalani tes terbebas dari virus COVID-19. 

“Semua personel yang berugas mulai dari TNI-Polri, Kesehatan, Dishub, Satpol PP dan PMK serta lainnya wajib menjalankan rapit test anti gen," tegasnya. 

Baca Juga: Duh, Pemeran Video Mesum SMA Balikpapan Dikeluarkan dari Sekolah

2. Tidak ada liputan selama kedatangan Presiden RI

Aksi Demo Warga, Jokowi akan Resmikan Tol Balikpapan-SamarindaWarga yang bersiap melakukan aksi menuntut pelunasan pembebasan lahan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Foto istimewa

Sehubungan kedatangan presiden ini, Yusuf memastikan pihak Paspampres melarang seluruh kegiatan peliputan media massa. Pelarangan media massa dikaitkan dengan ketentuan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19. 

“Cuma nanti liputannya besok itu, tolong dikondisikan teman-teman. Kami saja liputan kita mungkin gak bisa masuk, sama gak bisa. Kami coba menyesuaikan,” jelasnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak yang memimpin gelar pasukan jelang kedatangan Presiden RI menekan agar personel yang bertugas untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tetap perhatikan protokol kesehatan dan diharapkan personel gabungan yang terlibat pengamanan itu sudah dinyatakan bebas COVID-19.

3. Balikpapan siapkan fasilitas

Aksi Demo Warga, Jokowi akan Resmikan Tol Balikpapan-SamarindaWarga balikpapan menggelar deklarasi dalam rangka menolak segala bentuk provokasi dan adu domba yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa di aula Pemkot Balikpapan, Selasa (25/11/2020). IDN Times / Hilmansyah

Sementara itu, Pemkot Balikpapan telah mempersiapkan fasilitas untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo. Meskipun sesuai rencana, pesawat kepresidenan akan mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda. 

"Kedatangan beliau ingin meresmikan jalan tol dan juga menyaksikan vaksinasi yang ada di DOME," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. 

Rombongan presiden rencananya akan akan menggelar pertemuan dengan seluruh kepala daerah se Kaltim. Untuk itu, Pemkot Balikpapan mempersiapkan aula Balai Kota Balikpapan menjadi alternatif tempat pertemuan. 

"Lebih susah lagi kami kan, kami siapkan saja segala sesuatunya," imbuhnya.

Rahmad mengaku terhormat, Presiden Jokowi meninjau Kaltim yang sudah ditetapkan sebagai ibu kota negara. Dalam kesempatan itu, ia berniat akan meminta presiden untuk semakin memperhatikan kesejahteraan masyarakat di masa pandemik COVID-19. 

"Supaya seluruh kota Balikpapan pada umumnya Kalimantan Timur mendapatkan vaksin 100 persen," tutupnya.

Baca Juga: Presiden Resmikan Tahap Akhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya