Comscore Tracker

Pemkot Balikpapan akan Bagikan Ratusan Sembako dari Swasta

Pelonggaransaat perayaan HUT RI

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) akan membagikan ratusan paket bantuan pada warga terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Paket bantuan sembako ini merupakan sumbangan sejumlah perusahaan ada di Balikpapan

“Bantuan ini akan segera kita salurkan karena saat ini kita juga tengah menyalurkan bantuan sosial baik dari pemerintah pusat melalui Kemensos dan Pemkot Balikpapan sendiri melalui Dinsos yang dilaksanakan Kantor Pos Indonesia Balikpapan,” ujar Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud usai menerima bantuan dari PT ATJ dan Pandu Siwi Cabang Balikpapan, Senin (3/8/2021).

1. Pemkot Balikpapan akan mendata para penerima bantuan sembako

Pemkot Balikpapan akan Bagikan Ratusan Sembako dari SwastaWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menerima bantuan dari pihak swasta untuk warga terdampak PPKM level4. (IDN Times/Hilmansyah)

Sebelum penyaluran bantuan sembako ini, Rahmad mengaku akan melakukan pendataan kembali warga yang berhak menerima paket ini. Pendataan dimaksudkan agar bantuan ini tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya. 

Sehingga ada asas pemerataan terhadap warga terdampak COVID-19. 

“Kita akan utamakan bagi yang sudah terdata, sambil menyusul data-data yang masuk melalui OPD lainnya seperti Disnaker, Dishub, Disporapar dan Dinsos Balikpapan,” jelasnya.

Baca Juga: Era PPKM, Alat GeNose Sia-sia di Bandara dan Pelabuhan Balikpapan

2. Sudah ada 800 paket sembako

Pemkot Balikpapan akan Bagikan Ratusan Sembako dari SwastaWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Dikatakanya, bantuan sembako dari bantuan perusahan-perusahaan di Balikpapan saat ini sudah terkumpul sebanyak 800 paket, di antaranya dari PT KRN sebanyak 400 paket dan 400 paket lagi dari PT ATJ dan Pandu Siwi Balikpapan.

“Harapannya, makin banyak perusahaan swasta di Balikpapan yang peduli dengan kondisi warga yang terpapar COVID-19 dan mereka yang terdampak PPKM level 4 diperpanjang,” tegasnya.

3. HUT RI kemungkinan bisa dirayakan bersama

Pemkot Balikpapan akan Bagikan Ratusan Sembako dari SwastaPedagang musiman menjajakan aksesoris dan pernak-pernik serba merah putih menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Banda Aceh, Aceh, Rabu (5/8/2020) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sementara itu, terkait pelaksanaan PPKM level 4 yang dimulai 3-9 Agustus 2021.

Rahmad mengatakan, Pemkot Balikpapan akan melaksanakan instruksi presiden tersebut.  Namun demikian ia mengisyaratkan akan memberikan kelonggaran pada perayaan HUT RI ke-76 Agustus 2021.

Namun hal ini bisa dilaksanakan, jika tren kasus penularan dan kematian COVID- 19 turun, maka warga bisa menggelar perlombaan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ini tergantung dari diri kita semuanya. Kalau kita disiplin 17 Agustus bisa kita rayakan bersama,” paparnya.

Menurutnya, pada 9 Agustus pekan depan PPKM level 4 akan berakhir. Sehingga evaluasi tren kasus COVID-19 akan menjadi pertimbangan dalam kelonggaran perayaan HUT RI.

“Kita lihat dulu, ini kan tanggal 9 Agustus PPKM berakhir, mudah-mudahan trennya turun bisa dibuka berkumpul dengan prokes itu yang kita harapkan,” ujarnya.

Namun kata Rahmad , jika angka kasus penularan dan kematian karena COVID-19 justru meningkat maka PPKM akan diperpanjang.

“Tapi kalau trennya ini tidak menurun, bisa saja diperpanjang,” tutupnya.

Baca Juga: Polresta Balikpapan Ungkap Komplotan Pembuat Surat PCR Palsu

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya