Si Jago Merah Hanguskan Enam Rumah di Balikpapan saat Buka Puasa

Kobaran api membesar dengan cepat 

Balikpapan, IDN Times - Kebakaran hebat melanda kawasan RT 07 di Antasari Jalan Dondang Klandasan Ulu Balikpappan Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (31/3/2024). Si jago merah berkobar tepat jelang waktu berbuka puasa Ramadan untuk area setempat. 

Api pertama kali terlihat berasal dari sebuah bangunan rumah kos di RT 07 Klandasan Uludan membesar disebabkan bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu.

"Saya melihat api mulai dari kos-kosan di lantai 2. Angin kencang membuatnya cepat menyebar," ujar seorang warga bernama Rudi.

Kebakaran ini menciptakan kepanikan di antara warga. Sebagian berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, sementara yang lain berjuang untuk menyelamatkan barang berharga mereka.

1. Proses pemadaman api

Si Jago Merah Hanguskan Enam Rumah di Balikpapan saat Buka PuasaKebakaran hebat melanda kawasan RT 07 di Antasari Jalan Dondang Klandasan Ulu Balikpappan Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (31/3/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Usman Ali menyatakan, informasi kebakaran ini diterima sekitar pukul 17.40 Wita, dan segera mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Paling tidak, 12 unit mobil pemadam kebakaran kami kirimkan dalam penanganan kebakaran ini," ungkapnya.

Usman menambahkan bahwa lokasi kebakaran yang terletak di gang sempit membuat petugas kesulitan dalam upaya pemadaman. Selain itu, kerumunan warga yang ingin melihat kejadian tersebut juga menambah kendala.

"Kami menghadapi kesulitan mendapatkan suplai air, tetapi telah berhasil diatasi dengan pengiriman mobil tanki air dari PDAM," tegasnya.

Baca Juga: Hipmi Balikpapan Sumbang Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran Klandasan

2. Korban harta benda hangus terbakar

Si Jago Merah Hanguskan Enam Rumah di Balikpapan saat Buka PuasaKebakaran hebat melanda kawasan RT 07 di Antasari Jalan Dondang Klandasan Ulu Balikpappan Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (31/3/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Usman menjelaskan bahwa enam bangunan telah dilaporkan terbakar, termasuk warung makan dan rumah dua lantai.

"Proses pemadaman berlangsung sekitar 1,5 jam," tambahnya.

Saat ini, proses pendinginan masih dilakukan oleh petugas PMK Kota Balikpapan dengan menyiagakan 2 unit mobil PMK dan water supply.

Penyelidikan mengenai penyebab kebakaran telah diserahkan sepenuhnya kepada Polresta Balikpapan.

3. Kebakaran di pertengahan bulan ini di Balikpapan

Si Jago Merah Hanguskan Enam Rumah di Balikpapan saat Buka PuasaPuluhan rumah di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur hangus terbakar, Senin (18/3/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Bencana kebakaran kerap terjadi di Balikpapan di mana pertengahan bulan ini pun si jago merah pun menghanguskan puluhan rumah di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan. 

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa nahas ini, tetapi peristiwa tersebut menyebabkan ratusan orang kehilangan tempat tinggal. Salah seorang korban kebakaran Musliatun menyebutkan, kebakaran terjadi setelah waktu Sahur di salah satu rumah pemukiman padat penduduk ini.

“Saya keluar rumah hanya dengan baju yang saya pakai, segala harta benda kami habis terbakar,” ujarnya saat itu.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan melaporkan total rumah hangus terbakar sebanyak 49 unit dengan 263 jiwa kehilangan tempat tinggal. Mayoritas di antara mereka adalah kelompok masyarakat level ekonomi menengah ke bawah di Balikpapan. 

Baca Juga: SPBU MT Haryono di Balikpapan Nyaris Habis Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya