Pria di Bontang Kuala Diserang Buaya setelah Ambil Wudu

Edukasi! Ini dilakukan korban agar lepas dari gigitan buaya

Samarinda, IDN Times - Seorang warga yang tinggal di RT 04, Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) diserang buaya pagi tadi, Kamis (3/3/2022).

Beruntung, korban yang diketahui bernama Baswan ini selamat dari gigitan buaya tersebut. Namun korban harus menerima sejumlah jahitan di lengan kirinya.

Kejadian ini dibenarkan oleh Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro. Dia menuturkan peristiwa itu terjadi saat korban mengambil wudu di belakang rumahnya, sekitar pukul 05.30 Wita.

"Iya (benar). Kejadian habis salat subuh, itu rutinitasnya tiap pagi. Biasa ambil wudu di sana tetapi mungkin tadi gak langsung masuk rumah dan ngecek dulu ke belakang (rumahnya, red)," ujarnya.

1. Cek kayu saat air pasang

Pria di Bontang Kuala Diserang Buaya setelah Ambil WuduIlustrasi Laut (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ixan membeberkan, saat itu kondisi air laut memang sedang pasang. Biasanya Baswan selesai berwudu langsung masuk ke dalam rumah untuk menunaikan salat. Tetapi karena air pasang, Baswan pun ke belakang rumahnya untuk mengecek kayunya dan berniat merapikannya.

Tetapi nahas, korban terpeleset dan jatuh ke laut. Saat itulah Baswan pun diserang seekor buaya. 

"Mas Baswan ini tercebur, mungkin saja saat kejadian buaya sudah ada di situ, mengintai, diseranglah dia," jelasnya.

Baca Juga: Ancaman Virus COVID-19 selama Musim Pancaroba di Kaltim

2. Terima 56 jahitan

Pria di Bontang Kuala Diserang Buaya setelah Ambil Wuduilustrasi luka (pexels.com/RODNAE Productions)

Cukup lama Basman bergulat dengan buaya tersebut. Ia sampai dibawa buaya masuk ke bawah kolong rumah. Setelah berhasil melepaskan diri, dengan cepat Baswan naik ke atas dan meminta bantuan warga.

Baswan pun dievakuasi ke rumah sakit dan menjalani prosedur penutupan luka, dan menerima 56 jahitan. 

"Air di sana itu posisi pasang, tapi hampir surut. Diperkirakan buayanya (panjang) sekitar 1,5 sampai 2 meter," ungkapnya.

3. Colok mata buaya agar lepas dari gigitan

Pria di Bontang Kuala Diserang Buaya setelah Ambil WuduAyat S. Karokaro via mongabay.com

Kejadian penyerangan buaya terhadap manusia di wilayah Kalimantan ini sering kali terjadi. Sebagai informasi, Pulau Kalimantan masuk sebagai wilayah yang terkenal dengan jumlah populasi buaya terbanyak di Asia Tenggara.

Beberapa buaya yang ditemui pun selalu berukuran besar, dan hanya sedikit manusia yang dapat lepas dari sifat pemangsa satwa yang masuk dalam suku crocodylidae ini.

Namun ada satu pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa yang menimpa Basman, warga Bontang Kuala ini. Basman berhasil lolos dari gigitan reptil itu setelah mencolok kedua mata buaya tersebut.

Cara ini dinilai ampuh melemahkan dan telah berhasil menyelamatkan nyawa manusia dari serangan buaya.  

Baca Juga: Isran Noor Jamin Nasib Pegawai Honor di Kaltim 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya