Comscore Tracker

Sambut Nataru, ASN Kaltim Dilarang Cuti dan Pesta Kembang Api

Nakat cuti, sanksi menanti

Balikpapan, IDN Time - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, pemerintah menekankan agar masyarakat tak terlena dan tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. Terlebih saat ini beberapa negara termasuk Indonesia dilanda kekhawatiran virus varian baru Umicron, yang disinyalir memiliki daya sebar lebih besar dan berbahaya dibanding varian Delta.

Sebagai antisipasi, Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya, akan menyampaikan panduan terbaru terkait penerapan pembatasan di libur Nataru. Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan, agar masyarakat tetap mengikuti aturan kesehatan yang sudah diterapkan selama ini, yakni 3M.

"Pokoknya seperti di PPKM level 3 itu," ucapnya kepada awak media, Selasa (30/11/2021) saat ditemui dalam acara penutupan Apresiasi Kreasi Indonesia di Plaza Balikpapan.

1. Evaluasi setelah Pemendagri keluar

Sambut Nataru, ASN Kaltim Dilarang Cuti dan Pesta Kembang ApiGubernur Kaltim Isran Noor, (IDN Times/Riani Rahayu)

Dalam hal ini, Isran menyampaikan, dalam seminggu ke depan evaluasi mengenai rencana pembatasan yang diterapkan akan disampaikan ke muka publik. Tinggal menunggu arahan pasti pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang regulasi tersebut. 

Pun soal mobilitas masyarakat dari luar daerah yang akan masuk ke Kaltim. Tentu akan disampaikan rencana pembatasannya.

"Pasti ada, kita menunggu petunjuk dari pusat. Pasti akan disampaikan oleh Pemerintah Pusat kajiannya," terangnya.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

2. ASN dilarang cuti

Sambut Nataru, ASN Kaltim Dilarang Cuti dan Pesta Kembang ApiIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Soal libur Nataru ini juga menyoroti ketetapan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilarang untuk mengambil cuti. Bukan tanpa sebab, pemerintah berharap dengan melihat ASN yang tidak bisa mengambil cuti menjadi dorongan bagi masyarakat agar turut mengikuti hal tersebut. Di mana menjadi wujud edukasi dan contoh teladan agar patuh membatasi mobilitasnya. 

"Kan artinya dengan ASN ini dibatasi bisa menjadi teladan bagi rakyat," ucapnya.

Sementara itu, saat ditanyai penjagaan di pintu masuk daerah, Isran berujar, semua rencana tersebut sudah masuk dalam pembahasan. Area pintu masuk seperti bandara dan dermaga tentunya menjadi objek pertama yang akan diperhatikan keamanan pergerakan masyarakatnya. Termasuk soal pembelajaran tatap muka (PTM) yang terpaksa harus ditunda lagi sebagai pencegahan penyebaran virus varian baru ini.

3. Akan dipantau melalui absen

Sambut Nataru, ASN Kaltim Dilarang Cuti dan Pesta Kembang ApiIlustrasi ASN (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pernyataan serupa dilontarkan oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, yang menegaskan jika ASN-nya tak ada yang mengambil cuti. Lebih dari 6 ribu orang ASN akan tetap bekerja dalam liburan Nataru tahun ini. Agar tak kecolongan, ia bersama jajaran akan memantau ASN melalui absen dan rapat yang selalu dilakukan tiap minggu.

Jika melanggar, Rahmad menuturkan bahwa saksi disiplin telah menanti.

Namun, berbeda jika dalam keadaan mendesak.

"Ada aturannya, ada disipliner. Tetapi jika ada permasalahan mendesak, misal berduka akan kami izinkan," tutur dia.

Selain itu, Rahmad juga menegaskan, tak ada perayaan kembang api ataupun hiruk-pikuk pada libur Nataru kali ini. 

Baca Juga: Miris! Pelaku Eksibisionis Jurnalis di Balikpapan Seorang Tunagrahita

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya