Bank Sampah di Penajam Dimaksimalkan untuk Kurangi Volume

Sampah bisa bernilai ekonomis

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, berupaya menekan timbulan (berat/volume) sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Buluminung melalui program bank sampah.

"Kami terus berupaya menekan volume sampah yang dibuang ke TPA Buluminung melalui program bank sampah," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati di Penajam, Sabtu.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara terus mendorong masyarakat untuk mengelola bank sampah di wilayah masing-masing.  Karena dapat menjaga kebersihan dan bisa menambah penghasilan warga.

1. Bisa jadi tabungan

Bank Sampah di Penajam Dimaksimalkan untuk Kurangi Volumeilustrasi arus kas (IDN Times/Aditya Pratama)

Dinas Lingkungan Hidup menyediakan buku tabungan khusus bagi masyarakat yang menjual sampah melalui bank sampah.

Sampah yang memiliki nilai ekonomis seperti kardus, besi, plastik dan lainnya, menurut dia, bisa dibawa ke bank sampah untuk ditukarkan dengan uang.

Melalui bank sampah yang dikelola masyarakat sendiri, secara otomatis dapat memberi penghasilan sampingan melalui sampah sekaligus kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Baca Juga: Ketua RT di Penajam Berprofesi Ganda sebagai Kurir Narkoba

2. Pelatihan pembuatan pupuk kompos

Bank Sampah di Penajam Dimaksimalkan untuk Kurangi VolumeIlustrasi tempat sampah (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dinas Lingkungan Hidup juga memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos atau organik dari bahan baku sampah.
 
Program bank sampah dan pembuatan pupuk organik dengan bahan baku sampah tersebut, kata dia, diharapkan berat sampah dari TPS (tempat pembuangan sementara) yang diangkut ke TPA dapat berkurang.
 

3. Volume sampah terus bertambah

Bank Sampah di Penajam Dimaksimalkan untuk Kurangi VolumeIlustrasi tumpukan sampah di pinggir jalan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sampah rumah tangga yang diangkut ke TPA Buluminung di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, dari setiap TPS yang ada di wilayah daerah itu cenderung mengalami peningkatan setiap tahun.
 
“Saat ini rata-rata sampah rumah tangga yang masuk ke TPA Buluminung mencapai 50 ton per hari,” ujar Tita Deritayati.

Komposisi sampah rumah tangga yang dihasilkan masyarakat di daerah berjuluk Benuo Taka itu didominasi sampah organik, kemudian sampah plastik.

Baca Juga: Pemda Penajam Bangun Gedung Perkantoran dengan Anggaran Rp41,4 Miliar

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya