Alfamart Runtuh di Banjar, Proses Evakuasi Belasan Korban

Tiga orang dilaporkan meninggal dunia

Balikpapan, IDN Times - Upaya pencarian dan penyelamatan korban bangunan Alfamart yang runtuh di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) terus dilakukan. Tiga orang ditemukan meninggal dunia, sejumlah korban lain berhasil diselamatkan.

Dalam Kantor Berita Antara, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochammad Rifai mengungkapkan berdasarkan data sementara ada 16 korban dalam peristiwa runtuhnya bangunan Alfamart Senin sore, baik karyawan maupun pengunjung.

Dari para korban yang sudah berhasil ditemukan, 8 orang selamat, 3 meninggal dunia, dan 5 lainnya masih dalam pencarian, ujarnya. Beberapa media lain menyebutkan terdapat 4 korban jiwa. 

1. Korban merupakan karyawan dan pengunjung Alfamart

Alfamart Runtuh di Banjar, Proses Evakuasi Belasan KorbanPinterest

Sebelumnya, Wakil Kepala Kepolisian Resor Banjar Kompol Fihim di lokasi kejadian, Senin malam melaporkan, satu korban diduga pengunjung retail modern itu ditemukan meninggal dengan posisi tertelungkup di reruntuhan bangunan. 

"Korban meninggal berjenis kelamin laki-laki dan telah ditemukan di antara reruntuhan beton bangunan. Sejumlah korban lainnya selamat dan dilarikan ke sejumlah rumah sakit," ujar Fihim kepada wartawan. 

Menurut dia, salah satu korban yang berhasil diselamatkan yakni pegawai bagian kasir. Ia merupakan satu dari delapan korban lainnya yang selamat dari runtuhnya bangunan berlantai tiga itu. 

Baca Juga: Transaksi Dagang Kerja Sama Antara Kaltim-Kalsel Senilai Rp13,7 M

2. Proses evakuasi personel TNI, Polri, BPBD, dan SAR

Alfamart Runtuh di Banjar, Proses Evakuasi Belasan KorbanIlustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Petugas gabungan yang berasal dari personel TNI, Polri, BPBD, Badan SAR Banjarmasin, dan relawan terus berupaya keras menyelamatkan korban reruntuhan bangunan, baik pegawai maupun pengunjung.

"Upaya penyelamatan korban yang tertimbun di reruntuhan dilakukan menggunakan alat berat maupun peralatan khusus dan prosesnya terus dilakukan hingga semua korban ditemukan," ungkapnya. 

Selanjutnya, wakapolres mengimbau masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarga segera melaporkan ke posko yang disiapkan di samping SPBU Gambut, sehingga memudahkan petugas di lapangan.

3. Data di posko relawan

Alfamart Runtuh di Banjar, Proses Evakuasi Belasan KorbanIlustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Data sementara yang dihimpun relawan di posko hingga pukul 22.00 Wita tercatat 15 orang korban dan infonya delapan orang masih terjebak di dalam reruntuhan bangunan.

Sementara, data yang dihimpun dari Kasi Pemadaman Penyelamatan dan Evakuasi pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banjar Gusti Yudhi dipastikan satu korban meninggal belum diketahui identitasnya.

"Satu korban meninggal dunia jenis kelamin laki-laki belum diketahui identitasnya dan delapan korban lain sudah dilarikan ke rumah sakit serta ada yang dipulangkan karena hanya mengalami luka ringan," kata Yudhi. 

Disebutkan, data korban yang masih bersifat sementara dan sudah berada di RSI Sultan Agung Banjarbaru, yakni Irfan, karyawan Alfamart, sudah diperbolehkan pulang, Yulia Ratna, juga karyawan retail modern itu. 

Kemudian Syifa (karyawan), Hefianor pengunjung, laki-laki, sehat walafiat, Ade Santoso dirawat di RS Ulin, Rizal Saputra, pengunjung, sudah didampingi keluarga, Ria Agustina (karyawan), dan Arini, warga Jalan Irigasi di RS Ciputra.

Baca Juga: Solar Sempat Langka, Menteri ESDM Tinjau SPBU di Kaltim dan Kalsel

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya