Awas, Kaltara Sudah Masuk Zona Merah Pandemik COVID-19

Lima kota/kabupaten dinyatakan masuk zona merah

Balikpapan, IDN Times - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah masuk dalam zona merah pandemik COVID-19. Tercatat sebanyak lima daerah tergolong tinggi angka sebaran virus sebanyak 26.580 kasus tersebar di Bulungan, Nunukan, Malinau, Tarakan, dan Tana Tidung. 

“Yang jelas, sampai saat ini Pemprov Kaltara tidak pernah berhenti bekerja untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, melalui sejumlah kegiatan termasuk mempercepat program vaksinasi di Kaltara,” kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, Kamis (12/8/2021). 

Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara sudah menetapkan lima daerah di wilayahnya masuk zona merah. Jumlah kasus terkonfirmasi virus terus bertambah sebanyak 530 per hari.

1. Kondisi pandemik di Kaltara

Awas, Kaltara Sudah Masuk Zona Merah Pandemik COVID-19Ilustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Satgas Kaltara melaporkan jumlah pasien menjalani perawatan di rumah sakit bertambah 286 per hari hingga jumlah totalnya menjadi 7.075 orang. Dengan rincian Tarakan 2.641 orang, Bulungan 2.086 orang, Nunukan 1.640 orang, Tana Tidung 369 orang, dan Malinau 339 orang.

Adapun kasus kematian terpapar COVID-19 di Kaltara juga bertambah sebanyak 12 jiwa.  Dari jumlah 12 kasus kematian itu, Tarakan mencatat paling banyak yakni 10 kasus kematian, sedangkan Bulungan dan Malinau masing-masing 1 kasus kematian.

Sedangkan, untuk jumlah pasien sembuh dari terdapat sebanyak 232 pasien yang tersebar di Kaltara dinyatakan sembuh yakni di Bulungan 117 pasien, Tarakan 53 pasien, Tana Tidung 36 pasien, Nunukan 26 pasien, dan Malinau satu pasien.

Baca Juga: Kisah Nenek Zahra yang Hidup Sebatang Kara di Perbatasan Kaltara

2. Pemprov Kaltara berupaya menekan laju pandemik COVID-19

Awas, Kaltara Sudah Masuk Zona Merah Pandemik COVID-19ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gubenur Zainal mengaku telah berupaya semaksimal mungkin untuk menekan penyebaran COVID-19 di seluruh kota/kabupaten setempat. Pemprov pun meningkatkan jumlah kesembuhan pasien dan mengurangin tingkat kematian akibat virus di Kaltara.

"Kami terus bekerja keras dalam penanganan pandemik ini di Kaltara," paparnya.

Kaltara sudah menerapkan langkah antisipasi dengan memberikan obat-obatan dan vitamin bagi pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan di Kaltara.

Di sisi lain, Zainal juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah melalui gerakan 5M  seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

3. Update pandemik Kaltara

Awas, Kaltara Sudah Masuk Zona Merah Pandemik COVID-19Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Satgas Kaltara melaporkan jumlah pasien masih dalam perawatan sebanyak 6.970 kasus dengan episentrum virus terjadi di Tarakan (2.572), Bulungan (2.064), dan Nunukan (1.624).

Angka kematian pasien terpapar virus pun cukup tinggi sebanyak 524 jiwa di mana terjadi juga di Tarakan, Bulungan dan Nunukan. 

Ini adalah update kasus COVID-19 di Kaltara, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Ancaman COVID-19 di Kaltara, Pupuk Kaltim Kirim Ratusan Tabung Oksigen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya