Comscore Tracker

Belasan Gubernur dan Perusahaan Memperoleh K3 Award 

Apresiasi pemerintah dalam pelaksanaan K3 dengan baik

Samarinda, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia setiap tahun memberikan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Award, dengan tujuan memotivasi kepada perusahaan-perusahaan, aparat pemerintah dan semua level dalam menerapkan program K3.

"Penghargaan K3 Award yang kita berikan setiap tahun, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat (Kemenaker) terhadap pemerintah daerah (gubernur) dan perusahaan yang telah berhasil menyelenggarakan dan menerapkan program K3 dengan baik," jelas Direktur Bina Kelembagaan K3, Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja Hery Sutanto dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: PLN Samarinda Kerja Sama EBT dengan Perusahaan Tambang Batu Bara

1. Para gubernur memperoleh penghargaan

Dalam penghargaan K3 2022 ini, lanjut Hery, ada 15 gubernur, termasuk Gubernur Kaltim Isran Noor yang meraih penghargaan pembina K3 terbaik, juga perusahaan yang nihil kecelakaan (zero accident), Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19) dan perusahaan yang berhasil menjalankan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan program HIV-AIDS,

Dikatakan, untuk tahun ini penghargaan K3 terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya, dengan kategori Sistem Managemen (SMK3) sebanyak 2.004 perusahaan, nihil kecelakaan (zero accident) sebanyak 1.742 perusahaan, pencegahan HIV-AIDS sebanyak 343 perusahaan. Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 sebanyak 916 perusahaan.

"Penghargaan K3 Award kepada Gubernur dan perusahaan, Insya Allah besok Selasa 24 Mei akan diserahkan langsung Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, yang akan dilaksanakan secara luring dan daring di Hotel Bidakara Jakarta," jelasnya.

2. Perusahaan diminta mempertahankan pelayanan K3

Belasan Gubernur dan Perusahaan Memperoleh K3 Award Ilustrasi pekerja pabrik (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Hery Susanto mengharapkan seluruh perusahaan yang menerima penghargaan K3, kiranya prestasi yang sudah diraih bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan program-program K3 di masing-masing daerah.
.
"Karena itu, perusahaan yang telah meraih penghargaan K3 bisa terus mempertahankan, dan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi, teruslah berkoordinasi dengan dinas terkait, termasuk dengan pengawas dan pembina di daerah," pesannya.

Baca Juga: Bus Pulau Indah Alami Kecelakaan di Km 70 Tol Balikpapan-Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya