Comscore Tracker

Dihadapan US Army, Gubernur Kaltim Puji Keindahan Pulau Derawan

Penutupan latihan bersama Garuda Shield

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memuji setinggi langit keindahan wisata bahari di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau. Gubernur mempromosikan kepulauan indah ini dalam kesempatan sport and culture day Garuda Shield  latihan bersama pasukan TNI AD dan US Army di Lapangan Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman Balikpapan, Jumat (13/8/2021). 

Kepulauan Derawan memang disebut-sebut menyimpan wisata bahari memesona empat destinasi, yakni Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Maratua.

"Kami mengundang anda untuk mengunjungi tempat lainnya di Kalimantan Timur. Kalian bisa berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban yang memiliki keindahan bawah laut, pantai dan keunikan tersendiri. I think better than Hawaii island," kata Isran dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Keindahan Kepulauan Derawan

Dihadapan US Army, Gubernur Kaltim Puji Keindahan Pulau DerawanLatihan bersama pasukan Kodam Mulawarman dan US Army di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Kamis (12/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Apa yang dikatakan Gubernur Isran bukan tanpa alasan, mengingat masing-masing pulau memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, seperti Pulau Derawan dengan spot diving dan snorkeling, serta kehidupan penduduk aslinya yang berbaur dengan wisatawan.

Selanjutnya, Pulau Maratua dengan spot bawah laut dan aneka biota lautnya. Pulau Kakaban dengan danau air tawar dan ubur-ubur tidak menyengat. Pulau Sangalaki dengan keindahan ikan pari manta sudah sangat langka tetapi kerap dijumpai di sini. 

Baca Juga: Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara Antusias

2. Kasad turut promosikan Kepulauan Derawan di hadapan US Army

Dihadapan US Army, Gubernur Kaltim Puji Keindahan Pulau DerawanKasad Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau latihan bersama di Amborawang Kutai Kartanegara Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Promosi Kepulauan Derawan turut dilakukan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dengan mengulang beberapa perkataan Gubernur Isran Noor dan menerjemahkan ke Bahasa Inggris agar mudah dimengerti oleh prajurit US Army.

"Bapak Gubernur sebagai orang nomor satu di pemerintahan Kaltim mengundang kalian untuk mengunjungi Kaltim di lain waktu, berlibur bersama keluarga, menikmati keindahan gugusan Kepulauan Derawan yang lebih baik dari Pulau Hawai dan tidak kalah dengan Maldives," ucapnya. 

3. Latihan bersama TNI AD dan US Army akan berakhir

Dihadapan US Army, Gubernur Kaltim Puji Keindahan Pulau DerawanProses penutupan dengan tarian tradisional ular naga asli Kalimantan, Jumat (13/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Latihan bersama TNI AD dan US Army dalam Garuda Sheild 15/2021 yang berlangsung sejak 1 hingga 14 Agustus 2021 memasuki babak akhir. Kegiatan di H-1 jelang berakhirnya latihan perang terbesar yang digelar di Asia Pasifik ini dilaksanakan sport day and culture day di Mako Raider Modang 600 Kodam VI Mulawarman.

Latihan bersama personel TNI AD dan US Army digelar di Amborawang Kutai Kartanegara Kaltim dari 1 Agustus hingga 14 Agustus 2021. Peserta latihan ini selain dari US Army dan Batalyon 600 Raider, juga melibatkan Batalyon Raider 621 dan 623. Sehingga dengan demikian, tidak ada koordinasi masing-masing dalam melakukan pertimbangan bagaimana caranya mengalahkan satu sama lain.

Baca Juga: Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di Amborawang

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya