Comscore Tracker

Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara Antusias

US Army berharap bisa bekerja sama dengan TNI AD

Balikpapan, IDN Times - Latihan bersama (Latma) TNI Angkatan Darat dengan tentara Amerika Serikat (US Army) bertajuk Garuda Shield ke-15 resmi dimulai. Pembukaan ditandai dengan upacara pembukaan gabungan di Makodam VI/Mulawarman pada, Rabu (4/8/2021).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto yang hadir dalam upacara tersebut menyampaikan, bahwa latihan ini merupakan agenda terbesar yang dilaksanakan, untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar kedua negara.

Sementara itu, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, latma ini dilakukan di tiga lokasi di Indonesia, yakni Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Amborawang Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), dan Makalisung di Manado Sulawesi Utara.

“Jadi latihan ini sudah dirancang dan diprogramkan oleh Angkatan Darat (AD) dua tahun yang lalu. Dan, latihan ini berjalan sampai sekarang hingga pelaksanaan dan dilakukan di tiga tempat,” ujar Heri kepada awak media.

1. Tahapan latihan yang dijalani

Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara AntusiasLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Didampingi oleh pimpinan dari US Army Charlie Company Commander BN 1-21 Capt David Moets, Heri mengungkap, rancangan latihan yang telah diagendakan selama beberapa hari ke depan. Di mana, latihan yang dilakukan akan bersifat real, dengan senjata ringan yang akan digunakan. Kemudian ada taktik dan latihan lapangan yang disebut field training exercise.

“Yang kedua life fire exercise khusus untuk senjata mortar, dan senjata senapan mesin rigan (SMR). Ini yang akan kami laksanakan, hingga latihan garuda,” tuturnya.

2. Kondisi cuaca bukan penghalang

Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara AntusiasLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Sementara itu, terkait kondisi cuaca yang sering berubah-ubah, Heri mengatakan hal tersebut tak menjadi penghalang. Justru kondisi tersebut membuat para tentara Army merasa senang.

Justru dengan kedatangan para tentara Amerika ke Indonesia, khususnya Balikpapan, Kaltim menjadi momen tersendiri agar bisa memperkenalkan sisi lain dari Kota Minyak.

“Situasi cuaca Balikpapan memang tidak selalu sama, tapi tidak masalah. US Army juga merasa senang karena mendapat situasi berbeda,” kata dia.

3. Berharap bisa kembali berlatih di Kaltim

Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara AntusiasTNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Meski latihan baru saja akan di mulai, para tentara Amerika sudah merasa senang dan antusias. Dalam kesempatannya, Capt David Moets membenarkan jika pelatihan ini menjadi yang pertama kalinya dan terbesar. ia menyampaikan, bahwa kedatangan mereka ke Balikpapan menjadi salah satu pengalaman terhebat.

Tentunya, mereka ingin kembali dan melakukan kerja sama lagi dengan TNI AD di masa depan.

Meski begitu, situasi yang tidak memungkinkan membuat mereka tak bisa tinggal lebih lama. “Nantinya kami akan langsung kembali, tetapi ke depannya jika ada kesempatan kami akan balik lagi,” ucapnya.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya