Lumbung Pangan untuk Penyangga Ibu Kota Negara di Kaltim

Pasokan bahan pokok masih mengandalkan pasokan luar

Samarinda, IDN Times - Hadir mengobrol santai siang hari dalam program siar TVRI Kaltim "Ngapeh", Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur (Kaltim) Siti Farisyah Yana mengatakan saat ini pihaknya melakukan upaya percepatan mengejar luas tambah tanam, karena selama ini terkendala cuaca yang cepat berubah dan sulit diprediksi.

"Dalam program kerja kami terus mengedukasi petani agar mampu membaca cuaca," kata Siti Farisyah Yana dalam acara bertema Desa Sinergi Hijau dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (21/9/2021).

1. Rasio pemenuhan beras masih kurang di Kaltim

Lumbung Pangan untuk Penyangga Ibu Kota Negara di KaltimANTARA Foto/Muhammad Ayudha

Bersama Komandan Kodim 0906 Kabupaten Kutai Kartanegara Letkol Infanteri Charles Alling dipandu pembawa acara Erwinsyah dan Sartika Somoal, Yana mengungkapkan dalam mewujudkan kedaulatan pangan, rasio pemenuhan beras masih kurang, sehingga masih ada mengimpor dari luar.

Karenanya, modernisasi khususnya di bidang pertanian, selain mekanisasi pertanian, yang paling mendasar tidak hanya alat namun pola pikir petani harus modern.

"Petani milenial sudah memanfaatkan modern, sepeti green house untuk pertanian seperti hidroponik," jelasnya.

Baca Juga: Wisata Ekowisata Tiga Danau yang Jadi Andalan Kaltim

2. Permasalahan alih fungsi lahan

Lumbung Pangan untuk Penyangga Ibu Kota Negara di KaltimIlustrasi areal persawahan di daerah Bantul, Yogyakarta (13/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Masalah lainnya, lanjut Yana, terkait alih fungsi lahan pertanian. Maka, untuk mempertahankan lahan pertanian, perlu dibuat Perda LP2B.

Juga, melakukan inovasi dengan family farming (pertanian keluarga) dan pekarangan pangan lestari (P2L).

"Kami juga mendorong program food estate atau korporasi petani untuk meningkatkan pendapatan petani," bebernya.

3. Percepatan pembangunan pertanian demi ibu kota negara baru

Lumbung Pangan untuk Penyangga Ibu Kota Negara di KaltimANTARA FOTO/Aji Styawan

Upaya-upaya percepatan pembangunan serta pengembangan kegiatan pertanian, tidak lain dalam menyambut ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Ke depan, Yana meyakinkan, pihak dengan membangun sinergi lintas sektor serta didukung pemerintah pusat akan menyiapkan daerah lumbung pangan.

"Khusus daerah penyangga IKN, perlunya optimalisasi hasil pertanian daerah khususnya Penajam Paser Utara dan Paser sebagai lumbung pangan kita," ungkap Yana di acara yang menampilkan special performance Hitam Putih Music.

Baca Juga: Kesembuhan Tinggi dan Kasus Aktif Terus Berkurang di Kaltim 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya