Comscore Tracker

Wisata Ekowisata Tiga Danau yang Jadi Andalan Kaltim

Potensinya menjadi modal sektor pariwisata di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Optimis kerja keras dan kreatif menjadi tiga kunci utama dalam menyukseskan even kepariwisataan di Kalimantan Timur (Kaltim). Tidak terkecuali dalam pengembangan dan promosi potensi ekowisata 3 danau di Benua Etam, yakni Danau Jempang, Danau Semayang dan Danau Melintang meliputi dua kabupaten (Kutai Barat dan Kutai Kartanegara).

"Festival 3 danau ini menunjukkan kreativitas, kerja keras, semangat atau optimisme membangkitkan dunia pariwisata Kaltim," kata Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada virtual event Festival Pesona Ekowisata 3 Danau di akun Instagram Pemprov Kaltim, Ahad (19/9/2021).

1. Virtual event Festival Pesona Ekowisata tiga Danau di Kaltim

Wisata Ekowisata Tiga Danau yang Jadi Andalan KaltimDanau Jempang (instagram.com/aldiriandana)

Virtual event Festival Pesona Ekowisata 3 Danau di Timur Borneo bagian dari Visit Kaltim Fest 2021, secara zoom meeting tayang live di YouTube dan media sosial Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim. Dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni dan Wakil Ketua Komisi X DPRRI Hetifah Syaifudian, serta pelaku dan penggiat pariwisata Kaltim dan nasional.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Polda Kaltim Pasang Kamera Pemantau Asap

2. Wagub Kaltim mengajak semuanya semangat mempromosikan wisata di masa pandemik

Wisata Ekowisata Tiga Danau yang Jadi Andalan KaltimDanau Melintang (instagram.com/aldiriandana)

Kembali Wagub Hadi Mulyadi mengajak seluruh stakeholders kepariwisataan di daerah agar tidak menyerah dengan keadaan d imasa pandemik COVID-19 ini. 

Menurut dia, festival secara virtual tentu tidak bisa banyak mendatangkan orang, baik peserta festival maupun pengunjung ke lokasi atau objek wisata pada ketiga danau tersebut.

3. Danau-danau luar biasa di Kaltim

Wisata Ekowisata Tiga Danau yang Jadi Andalan KaltimWakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi (IDN Times/Hilmansyah)

Secara ekonomi lanjutnya, tidak langsung bisa dinikmati sebab orang tidak banyak datang dan bertransaksi di lokasi wisata (tiga danau), tapi setidak-tidaknya even festival virtual ini menunjukkan semangat yang luar biasa.

"Alhamdulillah, saya sudah pernah berkunjung ke ketiga danau ini. Dan jujur, danau-danau ini bukan danau biasa, tapi memang luar biasa," ungkap Wagub.

Ia mengatakan, banyak hal bisa dipelajar dari destinasi wisata danau di Kaltim, seperti tentang keberagaman budaya hingga sosial masyarakat sekitar. Untuk itu, menurut Hadi diperlukan kreatifitas dan kerja keras sektor pariwisata dalam mendorong kemajuannya di masa-masa mendatang. 

Baca Juga: Wagub Kaltim Didapuk sebagai Dewan Bajadul Balikpapan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya