TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kontingen Kaltim Targetkan Meraih 35 Medali Emas dalam PON Aceh-Sumut

Mempertahankan klasemen akhir posisi kelima PON XXI

Duel Sumut kontra Sulawesi Barat di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh (dok.media sepak bola PON Sumut)

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi target="_blank" href="https://www.idntimes.com/tag/kalimantan-timur">Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menargetkan untuk mempertahankan posisi lima besar dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024, dengan perolehan minimal 35 medali emas.

1. Target medali emas dianggap sudah realistis

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Rasman Rading, mengungkapkan bahwa target tersebut realistis berdasarkan hasil koordinasi dengan KONI Kaltim dan evaluasi teknis pasca pelaksanaan pemusatan pelatihan daerah (pelatda) serta analisis dari intelijen olahraga.

“Hasil koordinasi dengan KONI Kaltim menunjukkan bahwa target 35-40 medali emas adalah realistis. Ini didasarkan pada evaluasi teknis setelah pelatda dan masukan dari tim intelijen olahraga,” ujar Rasman diberitakan Antara di Samarinda, Selasa.

Beberapa cabang olahraga (cabor) yang menjadi andalan Kaltim untuk mendulang emas di antaranya adalah gulat, layar, kempo, silat, panahan, anggar, menembak, sepatu roda, catur, taekwondo, hoki, dan sport.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Samarinda untuk Liburan Semakin Berkesan

2. Cabang olahraga menjadi andalan kontingen Kaltim

Rasman menjelaskan bahwa berdasarkan hasil Kualifikasi PON 2023, ada 50 cabor yang berpotensi meraih medali. Oleh karena itu, seluruh cabor tersebut terus diperkuat melalui pelatda sebagai salah satu upaya untuk memastikan keberhasilan di PON 2024.

“Kami optimis target ini dapat tercapai. Evaluasi teknis menunjukkan hasil yang positif, ditambah dengan penilaian dari tim intelijen mengenai kekuatan lawan. Hal ini diperkuat dengan latihan intensif dan penguatan mental,” tambah Rasman.

Berita Terkini Lainnya