Comscore Tracker

Borneo FC Membutuhkan Laga Uji Coba untuk Mematangkan Strategi

Pemusatan latihan di Yogyakarta

Samarinda, IDN Times - Pelatih Borneo FC Andre Gaspar mengaku masih membutuhkan beberapa kali laga uji coba untuk semakin mematangkan permainan skuad Pesut Etam pada pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta, Rabu (9/11/2022). Pemusatan latihan selama dihentikannya Liga Indonesia musim 2022-2023. 

Diberitakan Antara, uji coba perdana sudah dilakukan Borneo FC dengan Persis Solo yang berakhir dengan skor imbang 1-1, dan Gaspar pun mengaku puas dengan hasil tersebut meski tidak begitu maksimal.

1. Melihat sejauh mana pemain memahami materi latihan

Borneo FC Membutuhkan Laga Uji Coba untuk Mematangkan StrategiPemain Borneo FC, Stefano Lilipaly saat menghadapi PSS Sleman. Instagram/borneo FC.id

Gaspar, melalui laman resmi klub, Rabu, pertandingan uji coba membuatnya bisa melihat sejauh mana pemain menyerap materi latihan dan memahami apa yang diinginkannya saat pertandingan.

Saat melawan Laskar Sambernyawa, julukan Persis, Gaspar melihat pemain sudah mampu menjalankannya, namun tetap butuh beberapa kali uji coba lagi untuk semakin mematangkan tim.

"Setelah lawan Persis Solo, kami jadwalkan ada 3 sampai 4 lagi uji coba, tapi siapa lawannya nanti kami akan berkoordinasi dengan manajemen. Yang jelas kami butuh ada uji coba untuk menaikkan kondisi pemain," ujar Gaspar.

Baca Juga: Borneo FC Gelar Latihan di Yogyakarta untuk Sambut Kompetisi

2. Membutuhkan empat kali laga uji coba

Borneo FC Membutuhkan Laga Uji Coba untuk Mematangkan StrategiPesepak bola Borneo FC Terens Owang (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persita Edo Febriansyah (kanan) dalam lanjutan laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Namun, kata dia, semuanya tergantung dengan situasi dan kondisi mengenai kelanjutan kompetisi karena bisa saja disesuaikan seandainya ada percepatan bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2022/2023.

Jika memang sesuai "timeline" yang ditetapkan, kata dia, kemungkinan empat kali uji coba masih bisa dilakukan selama TC di Yogyakarta, namun jika jadwal pertandingan akhirnya dipercepat maka akan menyesuaikan.

"Kami tetap akan melanjutkan program yang sudah kami susun sembari menunggu jadwal kepastian liga," kata pelatih asal Brazil tersebut.

3. Pemain Borneo FC terus berkembang

Borneo FC Membutuhkan Laga Uji Coba untuk Mematangkan StrategiBek Borneo FC, Diego Michiels berduel dengan gelandang Arema FC, Renshi Yamaguci. Instagram/borneofc.id

Secara umum, Gaspar melihat pemainnya mampu berkembang dengan baik dan materi pemain saat ini sudah sangat mumpuni untuk terus bersaing di papan atas klasemen Liga 1.

Akan tetapi, Gaspar secara khusus menyoroti peran kapten tim, Diego Micheils sebagai bagian penting dalam tim.

"Ya, peran Diego sangat penting. Dia leader dan dia pemain bagus. Hal itu terus ia tunjukkan di setiap latihan maupun pertandingan. Saya pikir kami beruntung memiliki pemain seperti Diego," pungkasnya.

Baca Juga: Borneo FC Masih Perkasa di Samarinda, Persis Solo pun Menyerah 2-1

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya