TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kutai Barat sebagai Kabupaten Buah Reformasi dan Otonomi Daerah

Daerah yang masih memiliki kekayaan alam  Borneo

kalimantan.bisnis, Taman Nasional Kutai, Tempat wisata di Bontang

Kutai Barat, IDN Times - Kabupaten Kutai Barat sebenarnya sudah lama terbentuk karena sejarah mencatat bahwa pada tanggal pada tanggal 05 November tahun 1952 di Barong Tongkok pernah dibentuk Kewedanaan di Kalimantan Timur (Kaltim). 12 tahun kemudian, wilayah tersebut telah menjadi penghubung Bupati dari Tenggarong di Barong Tongkok. 

Pada tanggal 4 Oktober 1999, dirilis Undang – Undang No.47 secara konkret bersama-sama kabupaten/kota lainnya yang salah satu isinya adalah dibentuklah Kabupaten Kutai Barat.

Nah, berikut merupakan uraiannya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Raja

1. Terbentuknya Kabupaten Kutai Barat

MediaIndonesia

Kota ini dibentuk oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, pada tanggal 12 Oktober 1999 di Jakarta Pejabat Bupati  Rama A Asia dilantik sebagai Bupati Kabupaten Kutai Barat.

Hal itu dilanjutkan pada tanggal 5 Nopember 1999 di Sendawar oleh Gubernur Kaltim dalam rangka meresmikan Kabupaten Kutai Barat serta melantik Aparatur Eselon II dan III.

Pada tanggal 15 Desember tahun 2000 setelah berjalan sebagaimana harapan semua pihak, dengan mengacu kepada segala aturan yang berlaku, maka melalui berbagai upaya terbentuklah lembaga legislatif yang pertama dengan dilantiknya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat. 

 

2. Bupati pertama Kutai Barat

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam rangka mengemban amanah rakyat, maka lembaga legislatif pada tahun 2001 melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati. Hal ini merupakan pemilihan bupati dan wakil bupati  pertama kali di kabupaten ini. 

Hasil dari pemilihan tersebut secara demokratis menghasilkan pasangan Rama A Asia dan Ismail Thomas sebagai pemenang dan dilantik pada tanggal 19 April Tahun 2001 sebagai Bupati dan Wakil Bupati pertama Kab Kutai Barat.

3. Hari lahirnya Kabupaten Kutai Barat

ajutradisionals.com

Terbentuknya Kabupaten Kutai Barat dan dilantiknya bupati dan wakil bupati membuat banyak pihak menginginkan agar kabupaten ini segera memiliki hari lahir diambil dari beberapa hari penting dalam sejarah kabupaten ini.

3 November 2001 adalah tanggal diadakannya diskusi yang dihadiri oleh berbagai unsur dan hasilnya menyepakati bahwa 5 November adalah hari lahirnya Kabupaten Kutai Barat dan kemudian diresmikan oleh Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2002 tertanggal 04 November Tahun 2002.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hati

Berita Terkini Lainnya