Comscore Tracker

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Raja

Bisa juga dijadikan oleh-oleh ke tempat asal

Kutai Barat merupakan kabupaten pedalaman di Kalimantan Timur (Kaltim). Masyarakat di sini dominan adalah Suku Dayak yang sudah hidup modern berbaur dengan kelompok warga lainnya. 

Seperti halnya tempat lain, di Kutai Barat pun banyak hidangan unik yang rasanya juga bikin ketagihan. Pantaslah dijadikan oleh-oleh atau cendera mata saat kalian pulang ke daerah asal. 

Saat berlibur ke suatu daerah, rasanya tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh khas dari daerah tersebut apalagi saat kamu berlibur ke Kutai Barat. Kutai Barat memiliki aneka ragam kuliner yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh, berikut 10 oleh-oleh khas Kutai Barat.

1. Jelore

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajawisato

Jelore merupakan makanan khas Kutai Barat yang berbahan dasar tepung sagu dan pati singkong. Bentuknya seperti mi bihun tetapi bihun biasanya disajikan dengan tambahan rempah-rempah. Berbeda dengan makanan khas di sini, jelore disajikan dengan segelas minuman hangat seperti susu kemudian dicelupkan.  Jelore yang didiamkan sebentar kemudian disantap.

Jelore sangat cocok disajikan di pagi hari dan di saat cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.

2. Biji dilema

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajashoppe

Biji delima memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah delima. Biji delima diolah menggunakan bahan dasar sagu yang dimasak dengan dijadikan bubur atau kolak. 

Agar rasanya makin kaya, ditambahkan beberapa bahan yaitu santan, gula merah, garam. Cita rasa dari bubur ini manis dan juga gurih.

3. Bubur jagaq

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajawisato

Bubur jagaq terbuat dari biji-bijian jagaq. Jagaq merupakan biji-bijian yang menyerupai seperti gandum. Cara mengolahnya dengan menjemur biji jagaq selama satu sampai dua hari hingga kering kemudian ditumbuk hingga halus kemudian dimasak dengan dicampurkan beberapa bahan seperti santan, gula merah dan garam.

Makanan ini sangat cocok disajikan untuk sarapan di pagi hari.

4. Roti pisang

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajaindonesiakaya

Roti ini hampir sama dengan kue bingka karena terbuat dari bahan yang sama yaitu tepung terigu, santan, gula, garam dan juga telur. Toping yang digunakan pada roti ini adalah irisan pisang yang dicampurkan ke adonan.

Cita rasa dari roti ini sangat manis dan lezat apalagi jika disantap saat roti pisang masih hangat, dijamin bikin kamu susah untuk berhenti memakannya.

5. Nasi bakepor

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajadapur-teh-enur.blogspot

Merupakan sejenis nasi liwet khas Kutai Barat. Hidangan ini dulunya disajikan khusus untuk raja dan keluarganya saja. Namun, berjalannya waktu nasi ini bisa dikonsumsi oleh masyarakat hingga dijadikan oleh-oleh khas Kutai Barat. 
 
Bahan yang digunakan dalam pembuatan nasi ini adalah beras putih, daun salam, daun pandan yang dipotong-potong, minyak sayur, garam, air, ikan asin gabus yang digoreng kemudian di suwir-suwir, daun kemangi, cabe rawit yang diiris, dan jeruk nipis.

Cita rasa dari nasi bakepor ini sangat gurih dan lezat. Gak heran ya karena banyak sekali rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatannya.

Baca Juga: Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkan

6. Sambal raja

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajafood.detik

Buat kamu yang suka dengan pedas jangan lupa untuk mencicipi sambal raja dan membawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh ya. Sambal raja ini memiliki sejarah yang sama dengan nasi bakepor, cita rasa dari sambal ini sangat pedas, bahan dasarnya membuatnya yaitu bawang merah yang iris-iris, kacang panjang, dan terong yang disiram dengan bumbu pedas.

Kamu bisa menikmati sambal ini dengan menu ikan goreng, atau tempe goreng. Sambal ini dibuat sebagai pelengkap dari nasi bakepor. Sudah kebayang kan gimana kelezatan hidangan nasi bakepor dipadukan dengan sambal raja? Pastinya joss.

7. Bobongko

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajaidntimes

Beralih ke makanan yang manis, bobongko merupakan makanan khas Kutai Barat yang berwarna kehijauan. Teksturnya sangat lembut dan kenyal, cita rasanya manis dan kenyal ditambah dengan saus yang kental terbuat dari santan dan gula merah.

Bobongko dibungkus dengan dengan daun pisang dan dibentuk seperti piramida.

8. Serbat bromot

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajawisato

Serbat bromot merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Minuman ini dianggap dapat meningkatkan stamina dan menghilangkan lelah saat seharian melakukan aktivitas.

Serbat bromot menggunakan bahan dasar seperti bawang bromot kemudian dicampuri kayu manis, cengkeh, dan gula merah.

9. Gula gait

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajafoodnesia

Gula gait merupakan makanan khas Kutai Barat yang terbuat dari gula aren. Cita rasa dari gula gait ini sangat manis. Variannya juga banyak mulai dari green tea, wijen, kacang dan original. Harga satu bungkus gula gait Rp5  ribu sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena harga yang murah dan masa expired-nya bisa mencapai 6 bulan jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Gula gait adalah makanan khas Kalimantan yang terbuat dari gulan aren dan gula putih semacam karamel dan di bentuk serupa kayu. Tapi rasanya menggoda di lidah karena manisnya yang sangat legit.

10. Sulam tumpar

10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Rajawisato

Ternyata Kutai Barat juga memiliki oleh-oleh selain makanan loh seperti sulam tumpar ini. Sulam tumpar merupakan kerajinan khas Kutai Barat.

Sulam tumpar ini adalah kerajinan tangan kebanggaan sub etnis Dayak Benuaq. Corak yang dimilikinya sangat beragam dan menggunakan warna yang cerah sehingga gambar yang dihasilkan menyerupai lukisan pop art.

Sulam tumpar bisa diaplikasikan ke dalam tas dan pakaian.

Itu dia beberapa oleh-oleh khas Kutai Barat yang bisa kamu berikan kepada teman atau keluargamu sebagai oleh-oleh. Sangat lezat dan unik sekali ya oleh-oleh dari daerah ini, kamu mau memberikan temanmu oleh-oleh yang mana nih?

Penulis: Syarifah Vivi Alayda Djindan

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemik

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya