Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hati

 Yuk, simak 10 tempat wisata berikut ini!

Kalimantan Timur punya banyak lokasi destinasi wisata yang kece dan menarik. Salah satunya terletak di Kutai Barat yang menjadi daerah pedalaman di provinsi ini.

Mulai dari danau, air terjun, taman, arum jeram, dan masih banyak lagi semuanya tersedia di provinsi ini. Saking indahnya, pas kiranya mengobati bila di antara kalian ada yang sedang patah hati. 

Berikut 10 tempat wisata di Kutai Barat.

1. Jantur Mapan

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Haticelebes

Jantur Mapan merupakan sebuah air terjun yang berada di Jl Sengkereaq Lacaaq, Linggang Mapan Kec Linggang Bingung Kab. Kutai Barat. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing dan pepohonan hijau.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini seperti bermain air, melihat keindahan alam sambil berfoto. Udara di daerah ini sangat sejuk, airnya dingin sehingga cocok sekali untuk dijadikan tempat refreshing.

2. Danau Jempang

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hatiinfoaktual

Danau jempang merupakan danau terbesar di tepi Sungai Mahakan.  Danau ini biasa dijadikan tempat untuk upacara adat bernama pelas danau.

Lokasinya di Tanjung Isuy Kec Jempang Kab Kutai Barat.

Untuk menuju ke lokasi ini, kamu harus melewati perkampungan di tepi Sungai Mahakam. Setiap 5 tahun sekali, danau ini akan melakukan aktivitas yang jarang terjadi yaitu danau kering sampai tidak ada air sedikit pun.

3. Danau Aco

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hatiyoutube

Danau Aco berada di atas bukit tepatnya di Linggang Melapeh Kec Linggang Bingung Kab Kutai Barat. Untuk menuju ke lokasi ini kamu harus melewati jalan yang berkelok-kelok, tikungannya tajam, dan dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Danau ini memang tidak terlalu besar tetapi memiliki keindahan yang menakjubkan. Kamu bisa memancing, berfoto sambil mengabadikan momen saat berada di Danau Aco ini. Udaranya sangat sejuk dan alami.

4. Danau Barong

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Haticelebes

Danau Barong merupakan tempat wisata di Kutai Barat yang memiliki hal menarik dan tidak kalah terkenal. Lokasinya ada di Melak Ilir Kec Melak Kab Kutai Barat.

Danau Barong sangat luas dan memiliki keindahan alam yang bersahabat sehingga tidak heran jika selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kamu bisa menikmati keindahannya di tepi danau sambil menyantap makanan ataupun minuman.

5. Kersik Luway

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hatitravelerkubar.blogspot

Beralih ke taman yang berlokasi di Sekolaq Darat Kec Sekolaq Darat Kab. Kutai Barat seluas 50 kilometer persegi. Terdapat tanaman anggrek yang sangat terkenal di Kutai Barat yaitu anggrek hitam, anggrek kantuk semar, anggrek merpati, anggrek tebu atau anggrek harimau dan anggrek bambu.

Taman ini sering dijadikan sebagai latar belakang foto wisatawan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas di Kutai Barat dari Sajian Rakyat Jelata hingga Raja

6. Taman Budaya Sendawar

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hatiyoutube

Merupakan taman yang dikenal dengan bangunan lamin 6 etnis yang mewakili sub etnis di Kutai Barat, yaitu suku Dayak Ahoeng, Suku Dayak Benuaq, Suku Dayak Tanjung, Suku Dayak Kenyah, dan etnis Melayu.

Lokasi taman ini di Jl Sendawar Raya Kec Barong Tongkok Kab Kutai Barat. Buat kamu yang ingin berlibur sambil mencari pengetahuan bisa banget untuk mengunjungi ke tempat ini.

Taman ini bisa kamu jadikan tempat sebagai wisata yang menawarkan permainan yang berbeda sehingga memiliki keunikan sendiri.

7. Barong Tongkok

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Haticelebes

Barong Tongkok merupakan sebuah bangunan lamin suku Dayak Tunjung yang berlokasi di Pepas Eheng Kec Barong Tongkok Kab. Kutai Barat.

Aktivitas yang dapat dilakukan saat berkunjung ke tempat ini melihat kegiatan sehari-hari dari Suku Dayak seperti membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dibuat mulai dari tas keranjang, tikar rotan, lampit dan masih banyak lagi.

8. Lamin Tolan

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Haticelebes

Lamin Tolan yang ada di Lambing Kec Muara Lawa Kab Kutai Barat merupakan lamin yang paling tua berusia 200 tahun. Lamin tolan merupakan rumah adat Suku Dayak etnis Benuaq di Kalimantan Timur.

Rumah ini dihuni oleh 25  hingga 30 kepala keluarga. Rumah ini memiliki bentuk struktur rumah yang unik dan tata ruang yang unik.

9. CIA. Wisata

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Haticelebes

CIA Wisata merupakan tempat wisata alam yang berlokasi di Linggang Melapeh Kec Linggang Bigung Kab Kutai Barat. Di tempat ini kamu bisa menggunakan AVP untk mengelilingi tempat wisata ini.

Tiket masuk untuk CIA wisata Rp15 ribu buka setiap hari selama 24 jam. Untuk mengendarai AVP ini tentunya tidak mudah  dan sangat menantang.

10. Long Pahangai

10 Destinasi Wisata di Kutai Barat untuk Penyembuhan Luka Patah Hatiwartawisata

Merupakan tempat wisata bermain arum jeram. Aliran air ini sangat deras sekali sehingga sangat menguji adrenalin kamu. Untuk menaiki ini kamu harus memiliki keberanian karena terdapat jeram yang tajam.

Lokasinya di Long Pangahai I Kec Long Pangahai Kab Mahakam Ulu yang lokasinya cukup dekat dengan Kutai Barat.

Buat kamu yang sangat suka menguji adrenalin wajib sekali untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Kutai Barat yang memiliki keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Selain bermain kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai tempat wisata ini loh. Kelihatan seru banget ya?
 
Penulis: Syarifah Vivi Alayda Djindan

Baca Juga: Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkan

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya