Comscore Tracker

Berkunjung ke Hutan Mangrove di Balikpapan, Ada Spot Foto Menarik Lho!

Lokasinya dekat dengan pusat kota

Balikpapan memang salah satu wilayah yang indah. Indonesia kaya akan alamnya yang indah. Hutan yang luas disertai flora dan fauna yang beraneka ragam ada di Indonesia. Balikpapan merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia. Hutan mangrove balikpapan memanglah memukau.

Beralamat di Jalan AMD gunung empat, kelurahan margomulyo, kota balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Hutan mangrove ini bisa dikunjungi sesuai dengan alamat yang tertera. Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke hutan mangrove di Balikpapan.

1. Lokasi

Berkunjung ke Hutan Mangrove di Balikpapan, Ada Spot Foto Menarik Lho!Ilustrasi kawasan mangrove ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Untuk menikmati suasana alam tidak hanya dilakukan di pedesaan, ada berbagai wisata alam yang begitu banyak di Indonesia. Salah satu kawasan alam yakni hutan mangrove.

Pengunjung bisa belajar tentang mangrove serta bagaimana cara menanamnya. Terletak di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan ini begitu indah. Bila ditempuh dari pusat Kota Balikpapan, pengunjung bisa menuju ke lokasi dengan menempuh jarak 9 km dan durasi perjalanan mencapai 15 – 20 menit. Cukup dekat dan bisa ditempuh dengan memakai berbagai jenis moda transportasi darat.

Di hutan mangrove ini juga ada luas lahan sebesar 40 ha. Luas lahan ini difungsikan sebagai balai konservasi alam. Ada berbagai jenis tumbuhan bakau yang ditanam di area konservasi. Berbagai jenis tanaman juga ada di seputar lahan konservasi. Pengunjung bisa belajar banyak tentang budidaya serta konservasi yang ada di hutan mangrove.

Baca Juga: Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh Keluarga

2. Rute akses perjalanan

Berkunjung ke Hutan Mangrove di Balikpapan, Ada Spot Foto Menarik Lho!google.com/maps/Kalimantan Timur

Untuk menuju ke hutan mangrove ini mungkin sedikit memakan tenaga. Ini dikarenakan akses transportasi umum yang masih terbilang minim. Di area yang tak jauh,  pengunjung hanya bisa menyewa ojek. Jika berjalan di sekitar gedung SMA 8, maka akan ada petunjuk untuk menghubungkan pengunjung ke lokasi wisata. Ikutilah petunjuk yang sudah dipasang agar sampai ke hutan mangrove.

Hutan mangrove ini adalah hasil dari perhatian penuh warga sekitar. Para warga berbondong – bondong menamam mangrove yang dikenal mampu melindungi permukaan pantai dari abrasi. Selain itu, mangrove juga bisa dimanfaatkan untuk membuat produk olahan. Para warga sering mengambil buahnya untuk dijadikan sirup yang kaya akan manfaat ini. Anda bisa menikmati berbagai macam olahan mangrove yang jarang ditemui di tempat lain.

3. Spot foto yang memukau

Berkunjung ke Hutan Mangrove di Balikpapan, Ada Spot Foto Menarik Lho!facebook.com/BTSgalaxyfrvr/

Penelitian serta pengembangan hutan juga ada di hutan mangrove ini. Selain berfungsi sebagai wisata, hutan bakau juga dijadikan sebagai taman kota. Ada berbagai jenis spesies tumbuhan yang hidup di hutan bakau ini. Kekayaannya tidak hanya berupa tanaman, akan tetapi juga fauna.

Berbagai jenis hewan mendiami hutan bakau ini bahkan buaya juga ada di sini. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman yang hanya ada disini yakni caseolaris,  tumbuhan pidada dan lain sebagainya.

Di hutan mangrove ini ada banyak sekali yang bisa diambil. Moment – moment seru yang hanya ada di hutan mangrove ini begitu banyak. Jika beruntung, di sini bisa menemukan ikan tempakul, yakni ikan yang bisa memanjat pohon pada ketinggian tertentu. Ada juga bekantan yakni hewan khas Kalimantan yang bisa  dijumpai di sini.  

Hutan mangrove juga menyediakan berbagai fasilitas. Di sini pengunjung bisa bersantai di gazebo. Adanya jalur tracking juga akan menambah pengalaman wisata Anda. Pemandangan di atas jembatan sungai sidomulyo juga menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Berwisata memang bukan hanya sekadar liburan saja. Namun berwisata juga bisa menambah pengalaman. Hutan mangrove adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pengalaman seru dan menarik.

Baca Juga: Wisata Indah di Balikpapan yang Bisa Anda Kunjungi dengan Keluarga

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya