Comscore Tracker

Danau Semayang, Wisata yang Tak Boleh Terlewat di Kutai Kartanegara 

Ada lumba-luma air tawar yang langka

Kutai Kartanegara, IDN Times - Wisata alam menjadi salah satu destinasi yang dicari oleh orang-orang belakangan ini. Menghabiskan waktu di tengah suasana alam yang tenang menjadi salah satu cara bagi orang-orang dalam melepaskan penatnya, khususnya karena mereka sudah lelah dengan kesibukan kota yang tidak pernah usai. 

Danau Semayang menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang berada di Kutai Kartanegara. Danau ini memiliki luas hingga 13 ribu hektare, menjadikannya salah satu lahan air terbesar di Kalimantan. 

Tak hanya itu saja, di danau ini terdapat keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Selain itu, kondisi alam di sekitar danau ini juga masih asri dan terjaga kelestariannya. Oleh karena itu, danau ini mulai menarik perhatian bagi wisatawan daerah maupun luar daerah untuk mengunjunginya.

Lokasinya dekat dengan Sungai Mahakam dan Danau Melintang, Danau Semayang terlihat seperti sebuah lautan yang luas. Tempat wisata ini juga terkenal dengan keberagaman jenis ikan di dalamnya. Kalian bisa menemukan berbagai jenis ikan seperti ikan Jelawat, Lais, Haruan, Toman, Baung, hingga Pesut Mahakam.

1. Daya tarik

Danau Semayang, Wisata yang Tak Boleh Terlewat di Kutai Kartanegara Danau Semayang (Wikipedia)

Danau Semayang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang-orang datang untuk mengunjunginya. Bahkan, danau ini tak jarang dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari mancanegara. Tak bisa dipungkiri, danau ini memang memiliki berbagai macam keunikan di dalamnya.

Salah satu hal menarik yang bisa dilihat di danau ini adalah fenomena terhubung dan terputusnya Danau Semayang dan Melintang. Kedua danau ini terkadang akan terputus menjadi dua danau, tetapi kadang juga akan tergabung menjadi sebuah danau baru. Fenomena ini akan terjadi dengan pengaruh pasang surut dari Sungai Mahakam.

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa mengeksplorasi ke daerah sekitar danau ini. Misalnya, kamu bisa berkunjung ke perkampungan nelayan, kampung ini terdiri dari struktur bangunan yang berdiri di atas batang kayu mengapung. Tak hanya bangunan rumah saja, hampir semua bangunan di kampung ini disusun dengan cara yang sama. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di danau ini terdapat salah satu hewan langka bernama pesut. Pesut sendiri merupakan spesies lumba-lumba air tawar yang hanya bisa ditemukan di tiga sungai di dunia. Keberadaan hewan inilah yang menjadi daya tarik paling kuat dari Danau Semayang

Baca Juga: Info Rute dan Lokasi Bukit Bangkirai di Kutai Kartanegara

2. Aktivitas

Danau Semayang, Wisata yang Tak Boleh Terlewat di Kutai Kartanegara Danau Semayang (instagram.com/ab.hakim)

Aktivitas mencari ikan di tempat ini memang masih sangat aktif dilakukan. Ketika musim panen ikan datang, kalian bisa bergabung dengan para nelayan untuk memancing dan menangkap ikan. Tak jarang juga diadakan lomba menangkap ikan di pinggir sungai dengan menggunakan tangan kosong.

Tak hanya itu saja, di sini kalian bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan dan suasana di sekitar danau yang sangat damai. Ada juga beberapa fasilitas hiburan, seperti lazy bag dan ski air yang bisa kamu coba di tempat ini. 

Selain itu, danau ini juga sangat cocok dikunjungi bagi penggemar fotografi. Pemandangan danau bagai lautan ini akan nampak lebih indah ketika matahari akan terbenam. Jadi, mengunjungi danau ini di sore hari adalah pilihan yang cukup tepat.

3. Lokasi

Danau Semayang, Wisata yang Tak Boleh Terlewat di Kutai Kartanegara Danau Semayang (Wikipedia)

Danau Semayang terletak di Desa Semayang, Kecamatan, Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk mencapai danau ini caranya juga tidak terlalu sulit, kalian bisa menggunakan rute darat maupun sungai. Yang paling mudah adalah menggunakan jalur darat saja, karena lebih menghemat biaya.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Kutai Kartanegara Dulunya Adalah Kerajaan Besar 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya