Comscore Tracker

Misteri Desa Muara Enggelam, Ada Pohon Setia Raja dan Kota Tak Telihat

Kota gaib digambarkan memiliki jalan tol dan mobil

Tenggarong, IDN Times - Desa Muara Enggelam di Kabupaten Kutai Kartaegara, Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki kisah mistik yang jarang diketahui orang banyak. Salah satunya kisah pohon Setia Raja yang menjadi awal berdirinya desa tersebut.

Konon di sekitar pohon tersebut diyakini terdapat kota gaib tak kasat mata. Salah satu tokoh masyarakat setempat, Heri Cahyadi menggambarkan kota gaib tersebut memiliki peradaban yang sangat modern.

"Kota itu terlihat di Danau Melintang ini, disebutkan kalau kehidupannya modern. Ada gedung tingginya dan banyak mobil lalu lalang," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (30/10/2022).

1. Digambarkan memiliki jalan tol

Misteri Desa Muara Enggelam, Ada Pohon Setia Raja dan Kota Tak TelihatIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selain terlihat modern, Heri juga menyebut jika kota gaib tersebut memiliki jalan tol yang sangat panjang. Jalan itu pun bermuara dari pohon Setia Raja dan melintang di sepanjang Danau Melintang.

"Jadi karena itu kota, ada juga jalan tolnya. Lebih medern, lah. Di situ mobilnya lewat," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan 

2. Cerita asal mula disebut pohon Setia Raja

Misteri Desa Muara Enggelam, Ada Pohon Setia Raja dan Kota Tak TelihatPohon Setia Raja (IDN Times/Riani Rahayu)

Cerita itu pun berkembang sejak 2014 lalu. Di mana ayah angkat Heri, pak Popo tetua asal Tenggarong berkunjung ke desa Muara Enggelam. Saat menuju ke Muara Enggelam, pak Popo sempat meminta kepada motoris kapal untuk mengantarnya ke pohon Setia Raja.

"Di saja beliau berkomunikasi dengan penunggunya. Setelah itu masuk ke Desa Muara Enggelam. Malamnya sekitar jam 1 malam beliau dijemout oleh makhluk gaib dan menceritakan soal asal-usul kota gaib itu," terangnya.

Diceritakan, pohon Setia Raja merupakan awal pengabdian makhluk gaib kepada Sultan abad ke-17, yakni Sultan Adji Muhammad Sulaiman.

Berawal dari permintaan Sultan kepada para pangeran mencari pohon yang kuat untuk membangun masjid, hingga akhirnya bertemu makhluk penunggu Muara Enggelam dan akhirnya mengabdi kepada Sultan.

3. Mahasiswa sempat berinteraksi dengan makhluk gaib dari pohon Setia Raja

Misteri Desa Muara Enggelam, Ada Pohon Setia Raja dan Kota Tak TelihatDesa apung, Desa Muara Enggelam, Kabupaten Kukar, Kaltim (IDN Times/Riani Rahayu)

Selain cerita legenda di atas, ada satu kisah mistik di mana makhluk tak kasat mata dari Kota Gaib tersebut juga pernah berinteraksi dengan orang yang datang ke desa Muara Enggelam. Heri mengatakan, beberapa tahun silam pernah ada beberapa mahasiswa melaksanakan KKN di desa mereka selama sebulan.

Saat itu salah seorang mahasiswa tersebut membeli makanan dari seorang nenek yang menggunakan kapal panjang.

"Nenek itu katanya menjual semua makanan, minuman lengkap. Karena di sini (desa Muara Enggelam) tidak lengkap. Besoknya dia tanya kembali soal nenek itu," tuturnya.

Karena tak ada nenek yang dimaksud seperti ciri-ciri yang dijelaskan oleh mahasiswa itu, masyarakat setempat meyakini sosok itu adalah salah satu penunggu dari pohon Setia Raja.

Baca Juga: Ini Fakta Menarik tentang Samarinda yang Wajib Kalian Tahu

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya