Comscore Tracker

Keunikan Pantai Pulau Derawan yang Sulit Dijumpai di Tempat Lain

Destinasi wisata memesona Kalimantan 

Berau, IDN Times - Bagi anda yang ingin menikmati wisata di Kalimantan Timur (Kaltim) keunikan Pantai Pulau Derawan bisa menjadi pilihan menarik. Lokasi tempat ini berada di RT III Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau.

Selain indah, anda bisa masuk secara gratis dengan jam operasional selama 24 jam dengan menikmati banyak keunikan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Berau. 

Bagi anda yang menikmati keindahan alam Berau, terdapat banyak pilihan objek wisata bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya meliputi, Danau Labuan Cermin, Danau Kakaban, Kota Tarakan, Kepulauan Maratua, Keindahan Pulau Gusung dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah keunikan di tempat tersebut yang sulit untuk dilewatkan. 

1. Keindahan Pantai Derawan

Kebetulan, lokasinya saling berdekatan.  Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh anda tinggalkan adalah Pantai Derawan. Pantai ini mempunyai keindahan alami yang dikenal Pristine Island

Banyak travel maupun tour yang memberikan penawaran berbagai paket open trip dengan harga cenderung murah di mana salah satu destinasi wisatanya yakni, Pulau Derawan. 

Anda bisa menikmati indahnya Pantai Derawan yang tidak hanya memberikan penawaran pengalaman baru yang indah sekaligus menakjubkan. Namun berbagai jenis wisata daerah menarik dan seru. Pantai Derawan dikelilingi oleh pulau membuat pasirnya memiliki warna putih dan halus. 

Baca Juga: 10 Pesona Pulau Manimbora Berau, Dijuluki Pulau Spongebob

2. Spot diving snorkeling dan menyelam

Tidak hanya itu, warna air lautnya pun bening dan jernih dengan paduan warna ombak dipadukan antara biru kehijauan sehingga memberikan pemandangan menawan luar biasa. Pantai Derawan sekaligus kepulauannya memang terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada banyak spot yang bisa anda pakai untuk diving snorkeling maupun menyelam, maka dari itu Pantai Derawan memang dikenal di kalangan backpacker yang suka menyelam. Di samping itu, wilayah pantainya berada dekat dengan pusat Kota Balikpapan dan Samarinda lantaran aksesnya terbilang mudah untuk ditempuh. 

Banyak para penyelam datang ke sini karena bisa melihat secara langsung terumbu karang maupun ikan langka yang terlindungi. Lalu, bagaimana fasilitas di lokasi tempat wisata ini?

3. Destinasi wisata Pantai Derawan menjadi andalan

Pihak pemerintah daerah Kabupaten Berau  dan Kaltim tengah gencar menjadikan Pantai Derawan menjadi destinasi wisata andalan. Anda akan menemukan banyak kegiatan di lokasi wisata ini di antaranya, diving, snorkeling sekaligus menyelam.

Selain itu, pantai ini juga terkenal mempunyai penangkar penyu hijau di mana salah satu kepulauan berdekatan dengan Pantai Derawan banyak penyu bertelur.  

Hal itu karena kepulauan di Pantai Derawan memiliki potensi mempunyai terumbu karang langka, padang lamun, ikan karang, kawasan perikanan dan lain sebagainya. 

Kepulauan ini dikenal sebagai ekosistem laut paling kaya nomor 2 di Indonesia usai Raja Ampat di Papua. Lantaran keindahan alam bawah lautnya. Banyak para pengunjung memilih untuk mengambil foto maupun gambar terumbu karang yang menawan. 

Pada tahun 2015, kepulauan ini pernah dicalonkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia hingga tahun 2021. Terdapat beberapa fasilitas di pulau ini untuk menyenangkan pengunjung di antaranya, sewa peralatan menyelam, banana biat, jet ski, peralatan olahraga air, perahu dan lain sebagainya. 

4. Fasilitas wisata yang cukup memadai

Sedangkan, fasilitas tempat makan, anda tidak perlu khawatir lantaran banyak warung murah meriah hingga kafe dengan berbagai sajian makanan. Salah satu restoran yang bisa anda kunjungi yakni, Restoran Lapauta yang menyajikan berbagai hidangan aneka masakan tradisional Kalimantan dengan memakai bahan dasar seafood. 

Terkait penginapan, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis resort, hotel, villa, homestay dan lain sebagainya.

Pantai Derawan juga menyediakan akomodasi hight class maupun low budget. Selain itu terdapat berbagai macam kamar berbentuk cottage maupun bungalows sehingga memberikan sajian pemandangan indah ketika menginap. 

Beberapa tempat penginapan tersebut meliputi, Maratua Paradise Resort, Derawan Dive Lodge, Nabucco Island Resort dan lain sebagainya.

Bagaimana, anda sudah memutuskan mengunjungi lokasi wisata Pulau Derawan? 

Baca Juga: 9 Pesona Pulau Maratua di Berau, Suguhkan Wisata Bahari yang Mempesona

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya