Comscore Tracker

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltim

Wisata pantai yang jadi idola warga Kaltim

Indonesia memiliki bentang garis pantai yang terpanjang di Indonesia. Bersyukurnya, seluruh pantai ini memiliki keindahan panorama alam tropis yang sayang untuk dilewatkan. 

Termasuk pantai-pantai menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) tersebar dari Balikpapan, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, hingga Bontang.

Saat kamu berkunjung ke Kaltim, tak ada salahnya untuk mengunjungi pantainya karena memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tarif yang terjangkau serta banyak aktivitas yang bisa dilakukan membuat wisatawan menjadikan pantai ini sebagai pantai favoritnya. Yuk guys, keep reading dulu. 

1. Pantai Pangempang

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimtripadvisor

Pantai yang berada di Tanjung Limau Pangempang Muara Badak Sambera Baru Kec. Marang Kayu Kutai Kutai Kartanegara harus kamu jadikan pantai utama yang akan kamu kunjungi. 

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah di mana kamu yang ingin bersantai di pantai bisa menyewa gazebo bertarif Rp150 ribu per malam plus tambahan menu sarapan yang nikmat.

Harga tiket Pantai Pengempang Rp25 ribu per orang. 

2. Pantai Nipah-Nipah

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimtravel.detik

Buat kamu yang suka menikmati suasana sunset  di pantai, lokasinya sangat cocok banget untuk kamu. Pantai Nipah-Nipah berada di Jalan Coastal Road Nipah-Nipah Penajam Paser Utara (PPU).

Kamu bisa menikmati sunset sambil memandangi keindahan laut dan pagelaran seni kerap ditampilkan di sini. 

Harga tiket masuknya Rp10 ribu dan kamu sudah bisa menikmati semuanya.

3. Pantai Beras Basah

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimmakassar.terkini

Pantai ini memiliki keindahan warna air laut yang terlihat biru menjadikan semua wisatawan yang berkunjung pasti ingin bermain air. Pantai ini berlokasi di Bontang Lestari Kec Bontang Selatan Kota Bontang.

Untuk memasuki pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Kamu bisa melakukan olahraga air untuk menikmati keindahan bawah laut, selain itu kamu juga bisa berfoto saat sunset

4. Pantai Lamaru

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimpesisir

Pantai Lamaru merupakan pantai yang memanjang dari utara ke selatan terletak di Jalan Mulawarman Kec Balikpapan Timur Kota Balikpapan. Pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara sehingga pantai iini sangat sejuk.

Tiket masuk ke pantai ini Rp15 ribu per orang dan kalian bisa berenang sepuas-puasnya di pantai ini. Jika bisa menyewa ban renang seharga Rp10 ribu dan menikmati fasilitas lainnya seperti berkuda, flying fox, dan lainnya.

5. Pantai Kemala

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimcelebes

Pantai Kemala terkenal dengan suasana yang nyaman sehingga cocok sekali untuk kamu yang bersantai. Lokasinya di Prapatan Kec Balikpapan Selatan masih di Kota Balikpapan.

Pantai tepat berada di belakang Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kaltim di pusat kota Balikpapan. Harga tiket masuk Rp ribu per orang dengan aktivitas olahraga pantai yaitu banana boat.

Baca Juga: Bujet Pas-pasan, Ini 10 Rekomendasi Hotel Murah di Samarinda

6. Pantai Panrita Lopi

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimkaltim.tribunnews

Buat kamu yang suka dengan olahraga air, Pantai Panrita Lopi mungkin bisa menjadi jawabannya. Di tempat ini, kalianbisa melakukan pelbagai macam olahraga air seperti diving, snorkeling, berenang atau bermain pasir.

Lokasinya di Jalan Muara Badak - Semberah  Tanjung Limau Kec. Muara Badak  Kutai Kartanegara. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp30 ribu per orang dan kalian sudah bisa mendapatkan semua fasilitas yang sangat seru ini.

7. Pantai Manggar Segara Sari

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimksmtour

Pantai Manggar Segara Sari memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih dengan suasana tenang khas pedesaan. 

Lokasinya di Jalan Pantai Manggar Segara Sari Manggar Baru Kec. Balikpapan Timur Kota Balikpapan.

Harga tiket masuk per orang Rp 30 ribu per orang dan boleh bersantai dengan berolahraga voli pantai sambil menikmati embusan angin yang sepoi-sepoi.

8. Pantai Biduk-Biduk

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimnativeindonesia

Pantai ini memiliki lokasi yang strategis, kamu bisa menikmati matahari terbit dan terbenam sambil melihat keindahan pantai lainnya. Pantai Biduk-Biduk berada di Giring-Giring Kec Biduk-Biduk Berau. 

Untuk masuk di pantai ini masih gratis tanpa biaya apa pun. Lokasinya memang sedikit sulit dijangkau dengan menempuh perjalanan darat dari Tanjung Redeb, ibu kota Berau.

Namun harus diakui, panorama keindahan alamnya nomor satu tiada dua. 

9. Pantai Tanah Merah

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimindonesiatraveler

Pantai ini merupakan pantai favorit karena sepanjang pantai ini dipenuhi oleh pohon cemara sehingga memberikan suasana yang semakin sejuk. Yang unik dari pantai ini terdapat pada warna pasir yang memiliki warna merah dikombinasikan dengan pasir berwarna putih.

Pantai ini berada di Tanjung Harapan Kec. Semboja Kab Kutai Kartanegara. Dari arah Balikpapan, dibutuhkan waktu tempuh 2 jam perjalanan darat menuju Pantai Tanah Merah. 

Tarif masuknya pun sangat murah sebesar Rp10 ribu per orang. Kamu yang datang ke pantai ini bisa menikmati senja dengan bersantai di pinggir pantai.

10. Pantai Ambalat

Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltimuzone

Pantai Ambalat menawarkan olahraga yang sangat banyak mulai dari banana boat, berenang, memancing, hingga berlayar. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung karena harganya sangat murah, sebesar Rp10 ribu per orang. 

Pasir pada pantai ini memiliki warna yang kecokelatan serta terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi. Lokasi Pantai Ambalat terletak di Amborawang Kec. Semboja Kab. Kutai Kartanegara. 

Mengesankan kan pantai-pantai favorit di Kaltim yang rugi untuk dilewatkan saat mengunjungi Bumi Etam. Nikmati keseruannya yuk.

Penulis: Syarifah Vivi Alayda Djindan

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Kutai Timur yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya