Comscore Tracker

Cantik dan Menantang, Air Terjun Tembinus dari Penajam Paser Utara

Keindahannya sungguh memesona

Penajam, IDN Times - Jarang yang tahu di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) terdapat destinasi wisata rekomended banget. Namanya Air Terjun Tembinus yang lokasinya berada di Kecamatan Sepaku PPU. 

Lokasinya persis menjadi lokasi ibu kota negara sudah ditetapkan pemerintah berada di PPU-Kutai Kartanegara (Kukar). 

Jika para petualang ingin berlibur ke PPU, maka tepat banget nih kalau mampir ke Air Terjun Tembinus ini karena suasananya yang benar-benar cantik juga menantang adrenalin.

1. Berada di lokasi perusahaan HTI

Air terjun ini berada di dalam kawasan Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal yang merupakan perusahaan tanaman industri (HTI) di PPU. 

Namun tak sembarang bisa datang berkunjung ke sini ya, karena Air Terjun Tembinus ini hanya bisa didatangi pada akhir pekan alias hari Sabtu dan hari Minggu saja. Untuk akses sampai ke Air Terjun Tembinus terbilang cukup lama ya, karena membutuhkan kurang lebih 3 jam dari kota PPU.

Harus berjalan melalui jalanan hutan dengan medan cukup menantang. Petualang juga harus berjalan lagi menyusuri jalan setapak dengan jarak kurang lebih 1 kilometer, baru deh petualang bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Baca Juga: Misteri Hutan Gambut di Kukar yang Konon Bisa Menyesatkan

2. Keindahan air terjun yang masih alami

Karena berlokasi di kawasan hutan konservasi, membuat Air Terjun Tembinus ini mampu menyajikan pesona alam liar yang sangat kuat. Perjalanan yang begitu melelahkan dan banyak menyita waktu ini dapat terbayar lunas dengan pemandangan cantik nan menawan. Cocok untuk foto-foto bersama dengan air terjun setinggi kurang lebih 25 meter dengan latar belakang rimba Kalimantan. 

Air mengalir di air terjun ini memiliki debit yang cukup deras, namun masih termasuk arus aman karena air akan melewati tebing bebatuan berlapis-lapisyang tersusun sangat rapi. Sehingga masih aman untuk bermain air.

Selain debit air juga terbentuk kolam besar secara alami yang terapit oleh bebatuan besar tepat di bawah air terjun.

3. Keindahan hutan Kalimantan

Selain bersantai, petualang dapat juga memanjakan mata dengan pemandangan alam yang masih sangat natural asri seperti belum disentuh manusia. Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun juga dapat menjadi lokasi memanjakan diri, berendam atau berenang di air yang segar ini memberikan efek positif bagi tubuh.

Untuk yang suka foto-foto bisa banget memanfaatkan salah satu spot foto yang instagrameble, yaitu batu besar yang ada tepat di depan air terjun. Sehingga ketika petualang berdiri di atas batu tersebut, hasil fotonya akan tampak seperti berdiri dengan latar belakang tumpahan air dari langit bidadari.

4. Persiapkan bekal selama perjalanan

Saat ingin berfoto di atas bongkahan batu besar tadi, jangan lupa tetap berhati-hati ya. Karena batu yang terkena percik air bisa saja memiliki permukaan licin yang bisa membahayakanmu setiap saat. Untuk mendapatkan pengalaman yang terbaik, usahakan petualang datang saat hari cerah ya. Karena jika keadaan hujan mempengaruhi kondisi jalan menuju ke lokasi Air Terjun Tembinus yang berubah menjadi becek dan licin, hal ini begitu membahayakan petualangan di perjalanan. 

Karena perjalanan yang begitu lama, sebaiknya siapkan bekal makanan minuman sampai pakaian ganti juga. Jangan lupa untuk membawa P3K untuk sekadar berjaga-jaga dari cedera ringan.

Namanya berpetualang di hutan dan alam liar sebaiknya berjaga-jaga membawa bekal dan peralatan selengkap mungkin. Soalnya sampai di lokasi tidak ada toko untuk berbelanja lho.

Baca Juga: Seram! Mitos Kerajaan Gaib Gunung Padai di Berau

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya