TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kolang-kaling, Nikmat dan Sehat Untuk Buka Puasa

Duh, jadi kebayang nikmatnya es buah pakai kolang-kaling

IDN Times/ M. Idris

Balikpapan , IDN Times - Apa minuman favoritmu untuk berbuka puasa? Kalau kamu suka es buah atau es teler pasti kamu temukan kolang-kaling di minuman favoritmu itu. Selain nikmat untuk campuran es, buah ini juga bisa dijadikan manisan yang lezat.

Kolang-kaling, buah kenyal berwarna putih ini biasanya banyak tersedia saat bulan Ramadan. Di Balikpapan, kolang-kaling bisa ditemukan di kawasan pasar tradisional seperti Pasar Klandasan dan Pasar Pandansari, Balikpapan Barat.

Baca Juga: 5 Resep Es Campur yang Enak dan Segar, Cocok untuk Menu Takjil

1. Dicari warga untuk campuran es buah

IDN Times/ M. Idris

Pada saat Ramadan, buah kolang-kaling adalah salah satu buah yang sering dicari masyarakat sebagai campuran es, untuk takjil berbuka puasa. 

Seorang  pedagang  buah kolang-kaling di Pasar Tradisional Klandasan, Rustam, mengatakan bahwa setiap hari dirinya mampu menjual 50 kilogram kolang-kaling dengan harga per kilogram Rp25 ribu.

"Biasanya penjualan ramai di awal-awal bulan puasa, dan itu terjadi setiap tahun" ungkapnya.

Setiap Ramadan, Rustam memasok sebanyak 10 karung, setiap karung terdapat 50 kilogram kolang-kaling. Menurutnya, kolang-kaling sebanyak 500 kilogram ini dipastikan habis terjual seminggu sebelum lebaran.

2. Kolang-kaling Surabaya disukai masyarakat

IDN Times/ M. Idris

Kolang-kaling ini didatangkan dari Surabaya. Kelebihannya, daging buahnya besar, tidak keras, dan berwarna putih. Berbeda  dengan buah kolang-kaling dari daerah lain seperti Banjarmasin 

Meskipun harganya lebih mahal, Rustam tetap menyediakan kolang-kaling asal Surabaya ini. "Masyarakat lebih menyukai kolang-kaling asal Surabaya, buahnya besar dan empuk serta bersih" jelasnya.

Sudah 5 tahun ini Rustam berjualan kolang-kaling setiap Ramadan. Selain kolang-kaling Rustam juga menjual cincau hitam yang juga lezat untuk campuran es buah.

Baca Juga: Menjalankan Puasa di Jepang? 8 Street Food Ini Cocok Jadi Takjil

Berita Terkini Lainnya