TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Meluangkan Waktu Bermeditasi bagi Masa Depanmu

Bantu kelola fokus biar sanggup melawan distraksi

ilustrasi bermeditasi setelah bangun tidur di pagi hari (pexels.com/Kampus Production)

Padatnya rutinitas kerja, bukan menjadi alasan sulitnya meluangkan waktu sejenak untuk bermeditasi. Meditasi bisa dilakukan dalam waktu singkat dan kapan saja. Kegiatan ini sungguh bermanfaat untuk kehidupanmu di masa kini dan yang akan datang.

Terlebih lagi, bagi kamu yang sedang berjuang meraih mimpi, menghadapi tantangan kerap menguras pikiran dan emosimu. Gak heran, jika kamu mengalami tekanan.

Nah, bermeditasi menjadi kegiatan yang bisa memberikan ketenangan hati dan pikiran. Jadi, cobalah luangkan waktu untuk melakukannya, ini demi masa depanmu juga. Biar kamu termotivasi, baca lima manfaat bermeditasi berikut ini.

1. Daya fokus meningkat

ilustrasi bekerja dengan fokus (pexels.com/Anthony Shkraba)

Bekerja membutuhkan fokus yang baik. Terus-menerus bekerja tanpa henti, gak cuma lelah di fisik, tapi juga pikiran dan hati. Akibatnya, daya fokusmu terus mengalami penurunan hingga merasa terbebani oleh pekerjaan.

Sebelum kamu memutuskan menyerah, dan ingin marah, cobalah luangkan sejenak waktumu untuk bermeditasi secara rutin setiap hari. Setelah mendapatkan ketenangan, daya fokusmu akan kembali mengalami peningkatan.

2. Stres berkurang

ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rutin bermeditasi setiap pagi atau malam hari, bikin kamu merasa damai dan tenang. Kegiatan ini perlu sekali dimasukkan ke dalam jadwal harianmu, supaya ada motivasi untuk disiplin melakukannya. Setelah menjadi kebiasaan, stres karena pekerjaan atau permasalahan lainnya perlahan berkurang, hingga mulai pandai mengelola segala emosi yang dirasakan. Gak lagi khawatir dan cemas berlebihan, gak lagi dipenuhi pikiran negatif, ini membuatmu semakin produktif.

Baca Juga: 7 Ciri Seorang Psikopat yang Sedang Jatuh Cinta

3. Perasaan akan lebih tenang

ilustrasi merasa tenang (pexels.com/Michael Burrows)

Mengalami kejadian yang kurang menyenangkan, bikin kamu tertekan dan terus kepikiran. Sebelum memperparah kondisi diri, bermeditasilah untuk melepaskan beban-beban di hati.

Manfaat bermedtasi berikutnya adalah membantumu untuk lebih menyadari dan menerima segala hal yang terjadi. Lalu, akan mengarahkan pikiran negatifmu ke yang lebih positif. Efek setelahnya, tentu saja perasaan mulai merasa lebih tenang.

4. Meningkatkan kemampuan diri dalam membangun hubungan sosial

ilustrasi hubungan sosial yang sehat (pexels.com/fauxels)

Menjalani hari menuju masa depan impian, pastinya kamu gak sendiri. Perlu kerja sama dan dukungan orang lain juga. Dengan rutin bermeditasi setiap harinya, emosimu menjadi semakin stabil, sikapmu menjadi lebih tenang dan kian bijaksana.

Hal-hal tersebut menjadikanmu pribadi yang disukai orang sekitar. Artinya, kemampuanmu dalam membangun dan membina hubungan sosial telah mengalami peningkatan.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya