Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!

Menjawab dengan percaya diri akan lebih mungkin diterima

Samarinda, IDN TimesInterview atau wawancara merupakan proses penting yang harus dihadapi oleh para pelamar kerja. Pada proses ini biasanya para pelamar akan ditanya mengenai banyak hal, mulai dari diri sendiri atau pun ekspektasi pekerjaan, pengetahuan, hingga pengalaman bekerja.

Terkadang tak mudah untuk melawati proses ini, sebab rasa gugup yang kerap menghampiri. Untuk mencegah perasaan gugup tersebut, kamu bisa secara cermat mencegahnya dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Mempersiapkan semuanya dengan matang

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@miquelena)

Proses wawancara bukanlah hal yang sepele, sehingga kamu tak boleh sembarangan dalam mempersiapkannya. Segala hal yang menyangkut proses interview harus turut dipersiapkan dengan saksama dan matang.

Apabila semua halnya sudah siap, maka kamu dapat melakukan wawancara dengan lebih nyaman. Cara tersebut sekaligus akan membuatmu menjadi lebih percaya diri dan tak mudah gugup saat menjawab beragam pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Yuk Nongki di Goffe Samarinda, Rekomendasi Bubuhan Kota Tepian

2. Berlatih di rumah

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!ilustrasi mengirim pesan (pexels.com/@olly)

Proses berlatih di rumah sangat dibutuhkan, apabila kamu ingin hasil yang maksimal. Cara ini dilakukan dengan mempersiapkan beberapa pertanyaan prediktif yang mungkin akan keluar selama sesi wawancara berlangsung.

Kamu dapat berlatih dalam memberikan jawaban, termasuk pula dengan pemilihan kata, intonasi bicara, ekspresi wajah, atau gestur tubuh yang diperlihatkan. Dengan demikian, semuanya dapat berlangsung dengan baik tanpa ada rasa gugup berlebihan.

3. Tetap tenang dan menjaga pikiran positif

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@cvelitchkov)

Penyebab utama mengapa seseorang mudah gugup saat menjawab pertanyaan adalah karena pikiran negatif di kepalanya. Pikiran negatif tersebut kemudian akan dirumuskan menjadi rasa takut dan gelisah.

Dampaknya tentu saja akan membuatmu mudah gugup dalam menjawab setiap pertanyaannya. Oleh sebab itu, kamu harus dapat berusaha untuk tetap tenang dan selalu berpikir dengan positif.

4. Datang lebih awal

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!ilustrasi terlambat (pexels.com/@olly)

Terkadang ada banyak hal-hal non teknis yang juga perlu diperhatikan dalam melakukan interview. Salah satunya dengan berusaha datang lebih awal dan menghindari begadang pada malam sebelumnya.

Dengan tubuh dan pikiran yang segar, maka kamu pun jadi dapat mempersiapkan interviewmu dengan baik. Kemungkinan gugup pun jadi dapat dihindari dengan saksama.

5. Berdoa sesuai kepercayaan masing-masing

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Melakukan Wawancara Kerja, Ampuh!ilustrasi orang berdoa (Pexels/Monstera)

Kunci utama dalam mempersiapkan proses interview adalah dengan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Kekuatan doa memang tidak sembarangan, sehingga kamu tak boleh menyepelekan.

Hal lainnya juga berkaitan dengan restu orangtua atau orang terdekatmu. Dengan hal-hal seperti itu, kamu jadi dapat melakukan proses wawancara dengan baik.

Ternyata memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar kamu tak gugup dalam melakukan interview. Tentu dengan semua itu, proses interview jadi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Terpenting tenangkan pikiran dan diri, ya!

Baca Juga: 15 Tempat Penyewaan PS di Samarinda, Bisa Main Sepuasnya!

Andini Maulana Photo Community Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya