Cek Stok Beras di Singkawang, Jokowi Tak Bisa Janji Kelanjutan Bansos

Masih akan cek anggaran

Pontianak, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengunjungi kompleks pergudangan Bulog Kampung Melayu, Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (20/3/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek ketersediaan beras, dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat penerima manfaat.

1. Jokowi belum janji soal kelanjutan bansos

Cek Stok Beras di Singkawang, Jokowi Tak Bisa Janji Kelanjutan BansosJokowi cek stok beras Bulog di Singkawang. (Dok. biro adpim).

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan terus memantau ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk memastikan kelanjutan program bantuan pangan, yang sampai saat ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Nanti setelah Juni saya akan lihat lagi APBN kita ada anggaran gak. Kalau ada akan diteruskan, tapi gak janji, belum janji saya,” ungkap Jokowi.

Presiden tidak dapat memastikan apakah ada anggaran APBN untuk program itu.

“Saya akan buka dulu supaya nanti bisa diteruskan sampai Desember. Tapi sekali lagi, dilihat dulu anggarannya ada atau tidak,” lanjutnya.

Baca Juga: Intip 5 Makanan Khas Pontianak yang Diburu saat Ramadan

2. Warga sebut bansos sangat bermanfaat

Cek Stok Beras di Singkawang, Jokowi Tak Bisa Janji Kelanjutan BansosPresiden Jokowi berikan bantuan beras kepada penerima manfaat di Singkawang. (Dok Biro Adpim).

Salah satu penerima bantuan di Singkawang, Ayu mengatakan bahwa dia sangat bersyukur atas bantuan pangan yang diberikan oleh pemerintah. Menurut Ayu, bantuan tersebut sangat membantu kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Senang banget. Alhamdulillah sangat membantu untuk kenaikan harga pangan seperti sekarang harga beras kan lumayan tinggi harganya, jadi adanya bantuan ini sangat membantu untuk kebutuhan rumah tangga saya dan suami,” papar Ayu.

3. Warga harap program bansos ini dapat dilanjutkan

Cek Stok Beras di Singkawang, Jokowi Tak Bisa Janji Kelanjutan BansosPresiden Jokowi belum bisa pastikan kelanjutan program bansos. (Dok Biro Adpim).

Tak hanya Ayu, ada juga warga lainnya penerima bansos, yakni Maswah, dia tak kuasa menahan air mata saat mengungkapkan bagaimana bantuan ini meringankan beban hidupnya.

Maswah pun berharap bantuan tersebut dapat terus dilanjutkan, dan tidak berhenti sampai di sini.

“Sangat-sangat berharap dilanjutkan (bantuannya) karena ini sangat membantu kami dan kami pun sangat membutuhkannya,” ungkap Maswah.

Sementara itu, Paijan, seorang kuli bangunan mengaku sangat antusias untuk bertemu dan bersalaman dengan Presiden Jokowi. Dia juga mengatakan bantuan pangan tersebut sangat membantu penghasilannya yang tidak menentu.

“Bagi keluarga macam kami tentu cukup terbantu karena penghasilan kami kan tidak tetap, kadang hadir, kadang tidak, dengan adanya bantuan kan merasa terbantu,” sebut Paijan.

Kegiatan penyerahan bantuan pangan ini menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu.

Diharapkan, program bantuan pangan ini juga akan terus berlanjut, membawa dampak positif bagi lebih banyak masyarakat di masa yang akan datang.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Ketua Komisi V DPR RI Lassarus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson, dan Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.

Baca Juga: Bocah Ingusan Acungkan Celurit Ancam Pengunjung Warkop di Pontianak

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya