TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bertambah Delapan Pasien, Positif COVID-19 PPU Jadi 44 Orang

Lagi, satu pasien positif meninggal dunia

Ilustrasi Pemakaman jenazah positif COVID-19 di Penajam Paser Utara (IDN Times/Istimewa)

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, hari ini terdapat penambahan delapan pasien dengan kasus terkonfirmasi COVID-19 sehingga ada 44 orang warga PPU yang masih berstatus positif.

“Hari ini PPU kembali mendapatkan tambahan pasien terkonfirmasi positif sejumlah delapan pasien, sehingga total keseluruh pasien positif yang masih menjalani perawatan isolasi di rumah sakit atau secara mandiri mencapai 44 orang, sehingga kami berharap masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan dan tidak kendor,” ujarnya kepada IDN Times, Rabu (2/12/2020) di Penajam.

Baca Juga: Satu Pelajar di Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

1. Terdapat dua orang pasien dari klaster keluarga

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dibeberkannya, dari delapan pasien terkonfirmasi positif hari ini terdapat dua orang pasien yang masuk dalam klaster keluarga adapun kedua pasien tersebut yakni PPU 197 seorang ibu berusia 25 tahun tinggal di Desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku terpapar karena kontak erat dengan PPU 172 merupakan anaknya yang masih berumur dua bulan.  

“Kemudian PPU 199 perempuan berusia 48 tahun tinggal di Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam terpapar karena kontak erat dengan suaminya yakni PPU 189 yang berumur 50 tahun. PPU 197 dan PPU 199 dinyatakan masuk dalam klaster keluarga,” terangnya.

2. Tiga pasien masuk klaster tambang salah perusahaan migas di PPU

dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Sementara itu, selain PPU 197 dan 199 ada tiga pasien dari klaster tambang salah satu perusahaan migas di PPU semua warga Kelurahan Penajam, Kecamatan yaitu PPU 201, laki-laki umur 33 tahun, PPU 202 laki-laki usia 23 tajhun dan PPU 203 laki-laki berusia 48 tahun,  sedangkan sisanya tiga pasien lainnya masuk dalam kategori umum, dimana  pihaknya masih melakukan tracking atau penelurusan riwayat enam pasien tersebut mereka terpapar dengan siapa.

“Meskipun dinyatakan positif, namun semua pasien yang hari dinyatakan positif menjalani isolasi mandiri dan rencananya ditempatkan di isolasi terpadu di Rumah Susun Sewa (Rusunawa). Sementara ini mereka masih berada di tempat masing-masing,” jelasnya.

3. Hari ini ada empat pasien positif dinyatakan sembuh

Direktur RSUD RAPB dr Jansje Grace Makisurat serahkan surat sembuh kepada pasien beberapa waktu lalu IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain terdapat delapan pasien positif hari ini, tambah Grace, hari ini juga terdapat empat pasien yang selesai isolasi atau dinyatakan sembuh. Empat pasien itu yakni, PPU 159, perempuan (41) warga Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, PPU 162, perempuan, 13 tahun alamat Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, merupakan santri Ponpes di Kabupaten Paser sebelumya dirawat di RS Panglima Sebaya, Kabupaten Paser.

“Lalu pasien sembuh selanjutnya, yakni anak dari PPU 159 dengan kode PPU 163, laki-laki 16 tahun, pelajar sempat dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan terakhir pasien sembuh dengan kode PPU 169, perempuan 40 tahun, tinggal di Desa Gunung Intan, kecamatan Babulu,” sebutnya.    

Baca Juga: PPU Tambahan 17 Pasien Positif COVID-19 dan Lima Sembuh

Berita Terkini Lainnya