TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petani di Desa Grimukti Dapat Bantuan 'Green House' hingga Panel Surya

Pertamina luncurkan Ketahanan Pangan Girimukti (Kenari)

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin panen melon milik Poktan Bina Usaha Muda PPU (IDN Times/Ervan)

Penajam, IDN Times - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan meluncurkan program Ketahanan Pangan Girimukti (Kenari). Tujuannya untuk membantu kendala petani hortikultura di Strat 3 Desa Girimukti, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim)

Program ini menggunakan panel surya sebagai energi siram benih di dalam green house. Peluncuran program ini ditandai dengan panen buah melon bersama kelompok dan para pemangku kepentingan di Desa Girimukti, Rabu (15/3/2023).

“Inisiasi Program Kenari ini diawali dengan terbentuknya Kelompok Tani Bina Usaha Muda yang beranggotakan 16 orang petani. Kelompok ini bergerak secara aktif di bidang Hortikultura,” ujar kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra Perangin Angin.

1. KPI lihat lahan Girimukti sangat strategis

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin panen melon milik Poktan Bina Usaha Muda PPU (IDN Times/Ervan)

Ia menuturkan, PT KPI Unit Balikpapan melihat lokasi lahan Girimukti sangat strategis untuk melaksanakan program pertanian yang berkelanjutan. Karena lahan telah didukung dengan tanah dan air melimpah, sehingga petani memiliki potensi mendukung swasembada pangan di daerah PPU kedepannya.

“Melalui program ini, kami PT KPI Unit Balikpapan memberikan bantuan sarana prasarana berupa green house dalam bentuk bangunan khusus bagi tanaman lunak yang dipergunakan untuk pembibitan hortikultura,” sebutnya. 

Bangunan ini, sambungnya, secara khusus memanfaatkan panel surya sebagai energi utama penyiraman benih. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan demplot untuk tanaman buah melon, hasilnya itulah yang kali ini dipanen.

Baca Juga: Gunakan Sabu, Staf Desa di Babulu dan Rekannya Dibekuk Polres PPU

2. Program Kenari bentuk tanggung jawab KPI

Panen melon milik Poktan Bina Usaha Muda PPU (IDN Times/Ervan)

Dia mengatakan bahwa program Kenari ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan KPI dalam memberikan dampak positif pada kehidupan petani Girimukti. Harapannya, hasil nanti yang diperoleh oleh kelompok bisa menjadi pembeda ketika sebelum dan sesudah dibantu perusahaan.

Chandra juga menyampaikan harapannya agar pengetahuan yang dimiliki oleh kelompok ini dapat juga nanti dikembangkan ke kelompok-kelompok lainnya. Dengan begitu, peran serta Pertamina dalam membangun ketahanan pangan di PPU terbentuk.

“Program, kami harapkan jadi pilot projects pertanian di Desa Girimukti serta bisa ditularkan ke kelompok-kelompok lainnya,” katanya.

3. KPI diharapkan buka akses

Peluncuran Green House bantuan PT. KPI Unit Balikpapan (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Kepala Desa Girimukti Hendro Jatmiko mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT KPI di wilayahnya. Dirinya berharap, kelompok penerima manfaat dapat terus berkembang. Jadi hasil panen melon ini tidak hanya dijual dalam bentuk buah saja, namun ada produk turunan yang bisa menambah nilai jual.

“Semoga PT KPI  bisa membuka akses kepada petani kami agar pasar penjualan lebih luas,” pintanya.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian (Distan) PPU Solekhan pada kesempatan sama menyampaikan dukungannya terhadap perkembangan program tersebut. Mewakili pemerintah daerah, dirinya akan terus bersinergi dengan perusahaan untuk mengoptimalkan pengembangannya.

“Pemerintah Kabupaten PPU sangat mendukung program pertanian yang berusaha untuk meningkatkan optimalisasi sarana dan prasarana pertanian hortikultura,” tegasnya. 

Bahkan, lanjutnya, tak hanya melon saja, namun para petani juga diharapkan dapat berinovasi membuat variasi komoditi lainnya dengan melihat peluang pasar yang strategis,” imbuhnya.

Baca Juga: Harga Sembako di Banjarmasin Naik Jelang Ramadan

Berita Terkini Lainnya