TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Kelima, Pencarian 11 Korban KM Teman Niaga yang Tenggelam Nihil

Kendala cuaca buruk di lokasi semakin terasa karena hujan

Penyisiran hari kelima Perairan Selat Makassar oleh Basarnas mencari 11 korban KM Teman Niaga yang tenggelam (dok. Istimewa)

Balikpapan, IDN Times - Hari kelima pencarian 11 anak buah kapal (ABK) KM Teman Niaga yang tenggelam di Perairan Selat Makassar, masih nihil. Meski pencarian telah diperluas, namun Basarnas tak kunjung menemukan tanda-tanda adanya korban tenggelam di posisi terakhir yang diketahui.

"Jadi saat ini ada empat SRU atau alut (alat utama) yang bergerak yang masing-masing jarak pencariannya 110 NM, tetapi hasilnya masih nihil," ujar Kepala Sub Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Amri Zuna Kurniawan, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut 4.100 CPO di Perairan Kaltim

1. Pencarian berpusat di selatan Kota Baru

Kapal SAR berlabuh saat cuaca buruk mencari 11 korban tenggelam KM Teman Niaga (dok. Istimewa)

Dari empat alut yang dikerahkan, dua kapal pencarian yakni KRI Ular Laut dan KRI Tongkol bertahan di lokasi diduga titik tenggelam para korban dan memasang jangkar di sana.

Sementara itu, diketahui tim SAR berpencar di dua titik. Yang mana seluruhnya berpusat di arah selatan Kota Baru. "Pencarian hari kelima ini ring off-nya 3 SRU berada di rest area selatan Kota Baru. Sedangkan satu RSU di rest area arah tenggara," terang Amri.

2. Lokasi tenggelam masih belum pasti

Tim Basarnas saat lakukan pencarian korban KM Teman Niaga (dok. Istimewa)

Sama seperti hari sebelumnya, pencarian KM Teman Niaga masih terganggu kondisi cuaca buruk. Hujan dan gelombang tinggi membuat aktivitas pencarian cukup menyisir lokasi.

Masalah yang sama juga ada pada titik tenggelam para korban yang masih buram.

"Karena lokasi tenggelam belum pasti, kami memantapkan lagi dengan meminta keterangan para korban selamat. Sebab kami hanya bisa bergantung pada keterangan mereka untuk proses pencarian ke depannya," tuturnya.

Baca Juga: Polairud Polda Kaltim Ringkus 3 Pelaku Pencurian Tali Kapal Asing 

Berita Terkini Lainnya