10 Warga Penajam Sembuh COVID-19, Bersamaan HUT Kota 

Pasien sembuh total 844 kasus

Penajam, IDN Times - Sebanyak 10 warga Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan sembuh proses isolasi COVID-19. Kesembuhan pasien ini bersamaan waktunya dengan perayaan hari jadi kota PPU ke 19 tahun.

"Hari ini bertepatan dengan HUT ke 19 tahun Kabupaten PPU, ada 10 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang telah selesai isolasi atau sembuh. Ini seakan kado untuk PPU," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat, Kamis (11/3/2021). 

1. Total kasus positif selesai isolasi mencapai 854 kasus

10 Warga Penajam Sembuh COVID-19, Bersamaan HUT Kota Ilustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Untuk diketahui, dengan bertambahnya 10 pasien telah selesai isolasi atau sembuh tersebut hari ini, maka total kasus keluar dari isolasi di PPU mencapai 854 kasus 

"Rabu kemarin (10/3/2021) jumlah kasus pasien positif selesai isolasi atau sembuh total sebanyak 844 kasus. Tapi hari ini ada tambahan 10 pasien sembuh sehingga menjadi 854 kasus," sebut Grace.

Baca Juga: Tingkat Kesembuhan Posien COVID-19 Penajam Mencapai 89,6 Persen

2. Hari ini tidak ada tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru

10 Warga Penajam Sembuh COVID-19, Bersamaan HUT Kota dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Istimewa)

Apalagi PPU pun tidak menerima laporan tambahan pasien COVID-19. Sehingga total pasien terpapar virus masih tetap sebanyak 942 kasus dan 40 kasus di antaranya meninggal dunia. 

Namun ada pengurangan jumlah pasien berstatus positif COVID-19. 

"Jumlah pasien berstatus positif hari ini mencapai 48 pasien dengan rincian enam pasien jalani perawatan medis di rumah sakit dan 42 laksanakan isolasi mandiri. Awalnya kemarin sebanyak 58 orang tetapi sekarang berkurang menjadi 48 pasien positif," ungkapnya.

3. Kecamatan Penajam masih berada diposisi terbanyak kasus COVID-19

10 Warga Penajam Sembuh COVID-19, Bersamaan HUT Kota Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Diungkapkan Grace, terkait dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per kecamatan, wilayah Kecamatan Penajam masih berada di posisi terbanyak kasus COVID-19 dibandingkan dengan tiga kecamatan lain di PPU. Jumlah kasus pasien berstatus positif di Penajam berjumlah 30 orang, 593 orang sembuh dan 24 orang pasien meninggal dunia.

"Kemudian Kecamatan Sepaku kini terdapat 11 orang status positif, 95 orang selesai isolasi dan tujuh orang meninggal. Lalu Kecamatan Waru ada enam orang masih positif, 96 orang selesai isolasi dan tiga orang meninggal, sedangkan Kecamatan Babulu diurutan terakhir dengan satu orang berstatus positif, 70 sembuh dan enam orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia," urainya.

4. HUT PPU ke 19 diharapkan masyarakat dukung vaksinasi COVID-19

10 Warga Penajam Sembuh COVID-19, Bersamaan HUT Kota Ilustrasi pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Ia berharap, dengan HUT Ke 19 Kabupaten PPU ini  masyarakat PPU selalu sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan, membantu pemerintah dengan menyukseskan vaksinasi COVID-19.

Pada dosis pertama, jelasnya, PPU memperoleh 2.211 vaksin di mana sebanyak 1.194 diberikan pada tenaga kesehatan, 1.017 petugas publik, dan kelompok lanjut usia. 

"Sebagai pelayanan publik. Sedangkan untuk dosis kedua sejumlah 1.066 botol vaksin semuanya diberikan kepada sumber daya manusia (SDM) nakes. Kami belum mendapatkan informasi update sisa vaksin yang belum digunakan. Pasalnya ada vaksin yang dikirimkan langsung ke Puskesmas ada juga vaksin yang baru datang," pungkasnya.

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya