Peduli Korban Banjir, Kapolres PPU Salurkan Bantuan Sembako 

Bagikan nasi bungkus untuk buka puasa para korban

Penajam, IDN Times – Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir di Kelurahan Nenang dan Kelurahan Lawe - Lawe, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha, Selasa (28/4) kemarin menyalurkan bantuan sembako kepada para korban banjir tersebut.

“Saya kemarin telah mengunjungi para warga terdampak pasca-terkena bencana banjir di dua kelurahan tersebut, sekaligus menyalurkan bantuan sembako bagi para korban yang saat ini sangat membutuhkannya,” ujar Kapolres kepada IDN Times, Rabu (29/4) di Penajam.  

Ia menjelaskan, maksud kunjungan tersebut tidak lain untuk mengetahui kondisi para korban banjir sembari memberikan bantuan sembako untuk meringankan beban para korban. Serta memantau kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di lokasi banjir tersebut.

1. Bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat untuk sedikit meringankan beban korban

Peduli Korban Banjir, Kapolres PPU Salurkan Bantuan Sembako Kapolres PPU, Kapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha didampingi Kompol I Nyoman Sutedja menyerahkan sembako ke warga terdampak banjir di Penajam (Dok. Polres PPU)

Kedatangan jajaran Polres tersebut, tutur Dharma, sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat, agar sedikit bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban.

Kapolres menegaskan, kegiatan dilakukan ini juga sebagai perhatian kepada masyarakat supaya mereka tidak khawatir dan tetap merasa aman dan nyaman, baik saat banjir dan pasca-kejadian yang dampaknya dirasakan oleh 115 Kepala Keluarga dengan 405 Jiwa.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan lakukan giat gotong-royong agar pada saat musim hujan seperti saat ini, aliran air dapat berjalan lancar," imbau Kapolres.

2. Di tengah pandemik wabah virus corona Polres dan Kodim bagikan nasi bungkus buka puasa

Peduli Korban Banjir, Kapolres PPU Salurkan Bantuan Sembako Pembagian nasi kotak door to door oleh anggota Polres PPU dan Kodim 0913/PPU (Dok, Polres PPU)

Selain bantuan terhadap para korban banjir di dua kelurahan tersebut, lanjutnya, di tengah situasi pandemik wabah virus corona atau COVID-19 sekarang ini, Polres dan Kodim 0913/PPU juga menyiapkan ratusan nasi bungkus dan nasi kotak untuk dibagikan kepada masyarakat saat berbuka puasa.

“Dapur umum TNI-Polri tersebut berlokasi di depan Mako Polsek Penajam, di dapur umum tersebut juga Dinas Sosial (Dinsos) melalui organisasinya Taruna Siaga Bencana (Tagana). Kegiatan ini, sudah dimulai sejak 16 April kemarin sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, terangnya, pembagian nasi bungkus dan kotak dibagikan langsung dengan cara door to door,  bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat saat pandemik COVID-19 serta mencegah terjadinya kerumunan warga.

Baca Juga: Peduli Warga Terdampak Corona, Polres dan Kodim PPU Bagikan Nasi Kotak

3. Penyaluran nasi bungkus buka puasa terapkan physical distancing

Peduli Korban Banjir, Kapolres PPU Salurkan Bantuan Sembako Kapolres PPU, M. Dharma Nugraha bersama Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud serahkan sembako pada warga kurang mampu (Dok, Humas Polres PPU)

“Penyaluran nasi bungkus dan kotak untuk berbuka puasa itu tetap menerapkan physical distancing dan social distancing, maka dilakukan dengan cara door to door dan hingga kini berjalan dengan aman dan lancar,” beber Dharma.

Sementara itu salah satu warga korban banjir, Rahmat mengucapkan terima kasih kepada Polres PPU karena kepeduliannya merespons cepat dengan memberikan bantuan kepada korban yang membutuhkan sembako itu

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolres PPU yang sudah peduli dan perhatian kepada kami," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Warga Terdampak Corona, Kodim dan Polres PPU Salurkan Sembako

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya